ANTV Riders Community, Tak melulu soal Motor

VIVAnews - Bila selama ini komunitas sepeda motor hanya fokus pada tunggangan roda dua, maka ANTV Riders Community (ARC) bisa dibilang berbeda.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Komunitas yang berdiri pada 22 Desember 2007 itu mengaku lebih berkonsentrasi sebagai organisasi kekaryawanan yang didukung oleh
perusahaan.

Siapapun yang bekerja untuk ANTV bisa menjadi anggota. Entah apapun jabatannya, ARC menampung pencinta motor yang mau bergabung dengan organisasi ini.

"Bukan masalah soal fokus komunitas ini karena bagaimanapun motivasi orang berbeda. Motor adalah pengikatnya tapi yang namanya organisasi yang penting aktifitasnya," ujar Penasihat ARC, Kenmada Wijayanto, pada VIVAnews.

Aktifitas ARC yang memiliki kontribusi cukup besar dalam kegiatan ANTV, adalah kegiatan Sahur On The Road yang dilangsungkan pada
bulan Ramadhan 2008 ini.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Meski secara resmi merupakan kegiatan perusahaan, konsep dan pelaksanaannya dilakukan langsung oleh anggota ARC.

Beruntung, ARC dinaungi perusahaan media yang kuat. Sehingga dalam kegiatan Sahur on The Road itu, ARC berhasil mengumpulkan berbagai komunitas motor untuk bergabung.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Tercatat 250 motor turut serta yang berasal dari tiga kota, yaitu Jakarta, Palembang, dan Medan. Ini belum termasuk 11 mobil APV yang turut dalam kegiatan sosial itu.  

Kelebihan lain dari ARC adalah mampu meleburkan hierarki anggotanya yang terpecah di berbagai jabatan. Semua anggota secara tidak langsung terikat seperti saudara satu sama lain. Tak ada level Office Boy atau Manajer di ARC ini, yang ada hanyalah 'Brother'.

"Komunitas seperti ini malah mengeratkan hubungan satu sama lain. Kita jadi saling kenal" tambah Kenmada.

Namun yang namanya komunitas pasti ada kendalanya, dan yang paling terasa saat ini adalah masalah komitmen anggotanya.

Saat ini anggota ARC tercatat 100 orang, namun yang aktif hanya sekitar 20 persen saja. Sisanya terlihat sebagai anggota 'tidur' atau lebih parah, hanya sebagai identitas baru saja.

"Masalah anggota ini bukan masalah yang mengganggu. Tapi ya buat kita, sayang aja, karena yang ngumpul jumlahnya tak pernah tambah" kata Kenmada yang sering ikut berkumpul dengan anggota ARC di bilangan Casablanca, Jakarta Selatan. 

"Tapi ada satu yang unik, setiap kali kita ada acara pasti anggotanya lebih ramai dari ini (menunjuk segilintir anggota). Contohnya ya
waktu Sahur On The Road itu, anggota jadi lebih banyak yang datang," kata pria yang menggunakan Bajaj Pulsar itu.

Berminat jadi anggota? Lampirkan saja email  Anda pada rian@an.tv. Atau isi formulir yang ada di sekretariat ARC. Jangan lupa sertakan fotocopy identitas serta foto diri.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya