Stok Beras Bulog Tertinggi dalam Sejarah

VIVAnews - Cadangan beras Bulog tahun ini melonjak menjadi 3,1 juta ton dibandingkan tahun lalu sebesar 1,76 juta ton. Capaian ini adalah stok tertinggi sepanjang sejarah Bulog.

"Padahal, sebelumnya dianggap mustahil bisa mencapai stok sebanyak itu," ujar Direktur Utama Perum Bulog, Mustafa Abubakar di Jakarta, Selasa, 23 Desember 2008.

Menurut dia, kenaikan stok beras nasional tersebut tidak lepas dari perubahan pradigma manajerial Bulog. Semula institusi ini hanya bersikap menunggu dilayani, namun sekarang berubah menjadi melayani. Itu juga karena kerja keras dan langkah kreatif seluruh jajaran Bulog pusat hingga daerah.

Dia menjelaskan besarnya penyerapan beras dalam negeri tersebut menimbulkan sejumlah dampak positif. Pertama, pemerintah tidak perlu impor beras, meskipun semula Indonesia diperkirakan bakal impor beras hingga 1 juta ton pada 2008. Akibatnya, pemerintah menghemat devisa cukup besar.

Kedua, terjadi peningkatan penyerapan gabah petani setelah pemerintah menggelontorkan dana Rp 18,6 triliun untuk program tersebut. Ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi pedesaan.

Ketiga, Indonesia mampu menjaga stabilitas harga nasional di tengah gejolak harga pangan dunia. Saat harga pangan dunia meroket, harga beras dalam negeri tak terpengaruh. Begitupun saat harga pangan turun, stabilitas harga beras dalam negeri tetap terisolasi dari pengaruh dunia tersebut.

Selain itu, stok ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani, serta memantapkan kemandirian pangan (swasembada) dalam memelihara stabilitas sosial, ekonomi dan politik.

Untuk tahun depan, Abubakar akan tetap fokus pada penguatan stok beras dalam negeri hingga mencapai 3,8 juta ton. Untuk itu, Bulog akan konsentrasi penuh pada pencapaian tersebut. "Kami berharap masalah pupuk dapat teratasi sehingga petani tak terganggu masa tanamnya," katanya.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024