Foke: Saya Tidak Alergi Dikritik Pers

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengaku tidak alergi jika mendapat kritik dari pers. Menurutnya, peran pers sangat strategis terutama dalam pembentukan opini masyarakat.

Demikian disampaikan Fauzi Bowo atau yang biasa disapa Foke itu dalam forum dialogis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan para pemimpin redaksi media massa di Jakarta, Selasa 23 Desember 2008.

"Dalam semangat kemitraan, saya tidak pernah alergi terhadap kritik dan kontrol yang dilakukan media massa. Betapapun pedasnya," kata Foke dalam forum bertajuk 'Refleksi Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di DKI Jakarta Tahun 2008' tersebut.

Pers, kata Foke, merupakan alat yang ampuh membangun opini, merubah sikap, dan perilaku masyarakat melalui pemberitaannya. Sehingga, kata dia, sinergi pers dan pemerintah perlu diperkuat kerja sama yang terjalin selama ini. Kerja sama tersebut, kata dia, dapat digunakan sebagai sarana mengkomunikasikan kebijakan, program, langkah dan hasil pembangunan Jakarta. "Serta masalah dan tantangannya," tambahnya.

Tujuan jangka panjang dari kerja sama tersebut, menurut Foke, adalah membangkitkan semangat warga ibu kota untuk mengambil peran aktif dalam proses pembangunan.

Dalam kesempatan itu, Foke juga memaparkan masalah dan tantangan yang dihadapi Jakarta saat ini. Mulai dari persoalan banjir, kemacetan lalu lintas, pendidikan, kemisikinan, dan kesehatan masyarakat, serta ruang terbuka hijau dan lingkungan hidup.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024