Hadapi Krisis Global

DKI Siapkan 216 Konsultan Keuangan

VIVAnews - Menghadapi krisis ekonomi global yang dampaknya akan mulai dirasakan tahun depan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 216 Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB). Mereka  tersebar di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sejak periode Januari hingga Oktober 2008, KKMB telah mem fasilitasi 463 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kepada lembaga keuangan bank  dan lembaga keuangan bukan bank (LKB/LKBB).

"Tahun ini kredit yang dicairkan mencapai Rp 8,8 miliar dan Rp 18,80 miliar sedang dalam proses," ujar Ketua Satgas KKMB Provinsi DKI Jkarta, Winny Ehasan dalam acara Gelar Aksi Karya KKMB di Jakarta Mal UKM Center, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu 24 Desember 2008.

Winny mengatakan, jika ditambah dengan tahun sebelumnya, sudah lebih dari 2000 UMKM yang difasilitasi oleh  KKMB dengan LKB/LKBB dengan penyaluran dana lebih dari Rp 35 miliar.

Program KKMB dnilai ideal untuk menumbuhkan profesi mandiri memitrakan bank dan UMKM dalam rangka bersinergi membangun usaha produktif.

Winny mengatakan, tak hanya UMKM yang bisa memanfaatkan jasa KKMB ini, pemerintah pun bisa ikut serta memanfaatkannya sebagai program pemberdayaan masyarakat yang lebih efisien karena KLKMB tidak tergantung kepada pembiayaan APBD.
Program ini justru memberdayakan masyarakat yang menggunakan tenaga konsultan pendamping.

Gubernur DKI Jakarta pun berharap adanya program jasa KKMB ini bisa memberikan volume dana yang lebih besar sehingga bisa lebih dimanfaatkan oleh masyarakat dengan jumlah yang besar pula.

"Saya berharap volume yang disalurkan akan lebih besar," harap Foke sapaan akrab Fauzi Bowo yang hadir untuk meresmikan acara tersebut.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024