226 Pejabat Garut Disumpah Antikorupsi

VIVAnews - Wakil Bupati Garut Memo Hermawan mengambil sumpah 226 pejabat pemerintah Kabupaten Garut. Sumpah ini berisi agar para pejabat itu tidak melakukan tindak pidana korupsi demi mewujudkan good governance and clean government.

Acara tersebut berlangsung pada kemarin malam, di Gedung Pendopo Garut, Jawa Barat, usai pelantikan, para pejabat struktural eselon II, III dan pejabat fungsional.

Sebelum pengambilan sumpah, Memo Hermawan meminta seluruh pejabat untuk menyerukan penolakan korupsi dengan mengepalkan tangan bersama meneriakkan yel "Kejujuran Yes, Korupsi No!" secara bersama.

Sumpah para pejabat itupun di tegaskan dalam Pakta integritas yang mereka tanda tangani. Isi pakta tersebut, menyatakan akan pro aktif mencegah dan memberantas korupsi. Selain itu mereka pun menyatakan kesiapannya untuk menerima sanksi bila melakukan pelanggaran terhadap pakta integritas yang ditandatanganinya itu.

Menurut Memo Hermawan, pengambilan sumpah itu merupakan program pengembangan pemerintah provinsi Jawa Barat ke setiap daerah atau dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bebas dari KKN. "Bagi pejabat yang memiliki loyalitas yang cukup tinggi untuk melakukan pemberantasan korupsi, akan diberikan imbalan (reward). Namun bila ada pejabat yang berusaha untuk tidak mendukung, siap-siap saja untuk berhadapan dengan hukuman," tegas Memo.

Dia berharap, pada akhir masa jabatannya sebagai Wakil Bupati pada 23 Januari 2009 mendatang, dapat meninggalkan pemerintahan yang nyaman tanpa ada birokrat yang terjerat kasus korupsi. "Saya membayangkan, ketika tidak lagi menjadi wakil bupati. Saya akan merasa enak sekali bila anak-anak saya (pejabat pemerintah Kabupaten Garut) tidak lagi korupsi," harap Memo.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Laporan: Sigit Zulmunir/Garut

Pencarian pendaki di Gunung Lompobattang (Foto Ilustrasi).

Keren! Mbah Wahyuni, Pendaki Berusia 71 Tahun yang Sudah Taklukkan Banyak Gunung di Indonesia

Meskipun usia dari Mbah Wahyuni atau kerap disapa Mbah Yuni ini sudah tidak lagi muda, namun semangatnya masih sama dengan para pendaki yang usianya jauh dibawah 40 tahun

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024