Libur Natal dan Tahun Baru

Lokasi Wisata dan Hotel di Mataram Sepi

VIVAnews - Libur Natal di sejumlah tempat wisata dan hotel di Mataram sepi pengunjung. Kondisi sepinya pengunjung terlihat di dua hotel mewah, yakni Hotel Grand Legi dan Hotel Sheraton Senggigi.

Di Hotel Grand Legi Mataram, pengunjung hotel hanya didominasi wisatawan lokal. Meski demikian petugas hotel belum dapat menyebutkan jumlah tamu yang menginap di hotel tersebut. "Pihak manajemen kami masih libur pak, tapi seperti yang bapak lihat kondisinya sepi," kata Ali, petugas resepsionis kepada VIVAnews, Kamis, 25 Desember 2008.

Kondisi yang sama juga terjadi di Hotel Sheraton Senggigi. Kamar hotel yang terisi hanya 40 dari 154 kamar yang ada di hotel tersebut. Petugas resepsionis hotel Sheraton, Mansyur, mengatakan tamu yang menginap di hotel itu menurun drastis dari tahun lalu.

Natal tahun 2007 lalu, jumlah tamu yang menginap mencapai 70 persen dan didominasi oleh tamu dari luar negeri. Sedangkan pada tahun ini, tamu yang menginap lebih banyak datang dari luar kota seperti Surabaya, Jawa Tengah dan Jakarta.

Peningkatan jumlah tamu biasanya terjadi dua hari menjelang tahun baru. Mansyur juga mengaku sejumlah tamu asing yang berasal dari Eropa menunda kedatangan mereka ke Indonesia. "Mungkin imbas dari krisis global sehingga mereka harus menghemat pengeluaran. Yang ada sekarang hanya tamu dari luar daerah saja," kata Mansyur.

Keterangan Mansyur ini sangat berbeda dengan keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB L Gita Ariadi dihadapan anggota komisi VII DPR RI pada Senin 22 Desember 2008 lalu. Saat itu Gita Ariadi menegaskan, tidak terjadi penundaan keberangkatan oleh wisatawan asing dari sejumlah Negara.

Pantauan VIVAnews, di sepanjang Pantai Senggigi juga tampak sepi. Hanya terlihat beberapa wisatawan asing berjemur di pinggir pantai. Kendati demikian, beberapa petugas kepolisian tetap mengawasi wilayah tersebut. Mobil patroli polisi terlihat hilir mudik, bahkan beberapa polisi lalu lintas juga memeriksa kendaraan yang mengarah ke pantai Senggigi.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024