Review Reli Dunia 2008

Loeb Terbaik Sepanjang Masa

VIVAnews - Jadi pembalap tersukses sepanjang masa, menjadikan Sebastian Loeb sulit terlepas dari hati para pecinta balap Reli Dunia (World Rally Championship/WRC) 2008. Mereka memilih pria Prancis itu sebagai pembalap terbaik 2008, mengalahkan pesaing terdekatnya, Mikko Hirvonen.

Menurut hasil jajak pendapat (polling) Crash, Loeb dianggap layak jadi best of the best menilik prestasinya tahun ini. Mengendarai Citroen C4 WRC, dari 15 putaran ia mencatat 11 kemenangan. Termasuk Rally Finlandia yang menurut sejarah WRC hanya berhasil ditaklukkan tiga pembalap non-Nordic.

Dengan total poin 122, Loeb berhak menjadi juara dunia 2008. Itu sekaligus membulatkan rekor sebagai satu-satunya pembalap yang mampu meraih lima gelar juara dunia.

Pembalap berusia 34 ini bukan hanya yang terbaik tahun ini, tapi juga sepanjang masa. Hal itu ditegaskan oleh pemberian trofi Federasi Otomotif Internasional (FIA) di Monaco, 12 Desember 2008 lalu.

Loeb menumbangkan rekor Juha Kankkunen dan Tommi Mäkinen. Ia juga jadi pembalap tersukses dengan mengumpulkan kemenangan terbanyak, 47 kali.

Prestasi ini masih jauh dibanding Hirvonen yang baru mencatat tiga kemenangan dan delapan podium.  Secara keseluruhan pun, pengendara Ford Focus itu hanya mampu mengumpulkan 103 poin. Hanya tiga kali ia berhasil melangkahi Loeb, saat Reli Yordania, Turki, dan Jepang.

Namun dalam sejarah keikutsertaan Ford, Hirvonen merupakan salah satu pembalap terbaik. Dalam setiap seri tahun ini, Hirvonen selalu mampu mengumpulkan angka. Sebuah prestasi yang baru kali pertama terjadi dalam penyelenggaraan WRC.

10 Pembalap WRC Terbaik 2008
1. Sebastian Loeb
2. Mikko Hirvonen
3. Jari-Matti Latvala
4. Sebastien Ogier
5. Francois Duval
6. Per-Gunnar Andersson
7. Gigi Galli
8. Chris Atkinson
9. Dani Sordo
10. Petter Solberg

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran
Ilustrasi keamanan siber.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Empat dari sepuluh bank terbesar di Indonesia menaruh kepercayaan kepada Spentera perihal keamanan siber.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024