Way To Normal

Ben Folds Sengaja Bikin Bising

VIVAnews - Bisingnya Ben Folds di album ini mampu memanjakan telinga. 'Way To Normal' yang dirilis bawah bendera Sony BMG memuat 12 lagu. Semua sengaja direkam dengan tingkat bising tinggi, seperti album-album yang diproduksi zaman dulu.

Ben Folds justru menjadikan absennya proses kompresi sebagai daya tarik tersendiri di album solonya yang paling laris ini. Demikian ditulis pentolan 'Ben Folds Five' berusia 42 itu dalam situsnya.

Dua lagu pertama, 'Hiroshima' (b b b benny hit his head) dan 'Dr Yang' cukup merepresentasikan keseluruhan materi album ketujuh musisi asal North Carolina ini.

'Hiroshima' merupakan satu-satunya rekaman live di album ini. Ben merekamnya saat dia  tampil di Hiroshima, Jepang. Sedangkan 'Dr Yang' menjadi hits dengan piano bertendensi punk-rock yang luar biasa.

Tendensi serupa juga disuguhkan Ben pada 'Bitch Went Nuts'. Sebuah tembang upbeat berkompresi rendah, berirama rock n' roll. Birama yang tercipta sungguh emosional.

Menariknya, di lagu 'You Don't Know Me', Regina Spektor turut menyumbangkan vokalnya yang kental akan unsur folk. Tembang chill-out melodramatis bersama Regina tersebut memang ditunggu banyak orang. Terlihat dari audio streaming-nya di situs jejaring sosial MySpace. Lebih dari dua juta orang sudah memutarnya.

Pria berkacamata itu masih punya beberapa nomor spesial dalam album ini. 'Cologne' misalnya, patut direkomendasikan. Lagu down-beat dengan rhythm piano ini merupakan gambaran cinta yang kompleks. Campur aduk antara rasa cinta dan patah hati ala Ben Folds.

Chorus-nya digambarkan Ben sebagai aksi hitung mundur sepasang kekasih lewat percakapan telepon. Baik si perempuan, maupun si pria sama enggannya meletakkan gagang telepon. Karena mereka tahu, sudah tiba saatnya untuk berpisah.

Four, three, two, one,
I'm letting you go
I will let go
If you will let go


Cukup sudah bicara cinta, 'Errant Dog', 'The Frown Song', dan 'Brainwascht', menjadi tiga lagu mid-tempo rock n' roll modern pada album ini. Pattern bass groovy pada 'Braiwascht' dan nuansa ballad pada 'The Frown Song' membuat materi 'Way To Normal' terdengar variatif dan lebih matang dibandingkan album-album sebelumnya.

Way To Normal
1. Hiroshima (b b b benny hit his head)*
2. Dr Yang
3. The Frown Song
4. You Don't Know Me* (featuring Regina Spektor)
5. Before Cologne
6. Cologne*
7. Errant Dog
8. Free Coffee
9. Bitch Went Nuts*
10. Brainwascht
11. Effington
12. Kylie from Connecticut

*recommended

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024