Investasi di Pasar Modal

Dana Pensiun Alokasikan Rp 120 Triliun

VIVAnews - Alokasi investasi dana pensiun di pasar modal mencapai Rp 120 triliun. Jumlah tersebut sekitar lima persen dari produk domestik bruto (PDB). 

"Bapepam menilai dana pensiun dan asuransi memiliki potensi dana cukup besar untuk memperkuat basis investor," kata Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Fuad Rahmany, di sela konferensi pers akhir tahun di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa 30 Desember 2008.

Menurut Fuad, potensi dana pensiun tersebut terutama untuk investasi jangka panjang. Meski menanamkan dana hingga Rp 120 triliun, jumlah tersebut lebih rendah dibanding dana pensiun di Bursa Malaysia yang mencapai 20-25 persen PDB negara itu.

Saat ini, lanjut dia, Bapepam-LK sedang melakukan studi untuk mengarahkan dana pensiun agar menanamkan dana di pasar modal. "Kami akan mencoba untuk mengarahkan imbauan yang sifatnya mandatory. Bisa saja nanti diberikan insentif bagi dana pensiun," ujar dia.

Nikita Mirzani Ngaku Dapat Kekerasan dari Mantan, Psikolog Bilang Begini

Namun, tidak semua dana pensiun akan terkena kewajiban tersebut. "Kami akan menerapkan secara selektif. Kondisi sekarang ini membuat kami menunggu situasi dulu," katanya.

Fuad menambahkan, dalam lima tahun ke depan, investasi dana pensiun diharapkan mencapai 10 persen dari PDB.

Pada 2009, Bapepam-LK akan fokus pada pengembangan pasar modal. Pengembangan akan diarahkan pada peningkatan likuiditas, stabilitas pasar, serta kemampuan sumber daya manusia (SDM). Untuk meningkatkan likuiditas pasar, Bapepam-LK akan memperluas basis investor di pasar modal serta memberikan kesempatan penerbitan produk derivatif.

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya
Lori Schappell dan George Schappell ,62, meninggal pada tanggal 7 April 2024.

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia

Kembar siam tertua di dunia meninggal pada usia 62 tahun. Guinness World Records mengkonfirmasi kematian tersebut dalam sebuah pengumuman pada hari Jumat 12 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024