Waspada 2009, RI Siapkan Kebijakan Baru

VIVAnews - Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah kebijakan baru yang akan disampaikan ke publik awal 2009. Kebijakan ini untuk mengantisipasi imbas krisis global yang diduga akan semakin parah di tahun 2009.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan hal itu usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 30 Desember 2008. Hadir dalam rapat itu di antaranya Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro dan Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan.

Dalam rapat tersebut, kata Menkeu, Presiden mengharapkan seluruh situasi ekonomi bisa dikelola dengan baik dan konstruktif. "Kita akan tetap waspada walaupun suasana libur dengan berbagai macam policy yang akan kita keluarkan pada awal tahun. Nanti pada saatnya kita akan sampaikan kepada media dan masyarakat," katanya.

Rapat terbatas ini lebih menekankan pada pengecekan dan evaluasi terhadap kondisi yang dihadapi pada akhir tahun ini dan persiapan awal tahun depan. "Seperti diketahui tentu saja kita antisipasi terhadap kebijakan yang sudah diumumkan, seperti penurunan harga BBM. Bagaimana dampaknya kepada masyarakat dan seluruk perekonomian," kata Menkeu.

Pemerintah juga menyiapkan langkah-langkah ke depan yang disesuaikan dengan situasi saat ini, termasuk tren harga minyak yang masih naik turun sekitar US$ 5-7/barel.

"Evaluasi juga menyangkut paket-paket atau policy respons yang akan diumumkan pada awal tahun terutama mengantisipasi situasi 2009. Kami laporkan bahwa hari ini saya akan menutup bursa saham. Kemudian Presiden akan membuka lagi pada tanggal 5 Januari nanti," katanya.

Dalam pembukaan perdagangan di BEI pada 5 Januari nanti, Presiden akanĀ  memberikan beberapa arahan dan penekanan kebijakan ekonomi pada 2009. Presiden juga akan menyampaikan DIPA secara simbolis untuk pelaksanaan anggaran 2009 oleh menteri dan gubernur. Dengan arahan yang ditekankan, bagaimana menjalankan kebijakan-kebijakan itu untuk menjaga momentum.

"Kemudian besok APBN akan ditutup. Jadi hari ini adalah pembayaran terakhir sampai dengan besok seluruh pngeluaran-pengeluaran pemerintah maupun kalau ada pemasukan yang masih bisa masuk di dalam perekonomian terutama dengan masalah sunset policy," ujarnya.

Selain itu, kata Menkeu, BPS juga melaporkan bagaimana kemungkinan terjadinya pergerakan harga dan outlook pertumbuhan ekonomi akhir tahun dan apa saja yang harus diantisipasi pemerintah.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan
Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Selebgram Chandrika Chika dan 5 temannya di sebuah hotel di Setiabudi, Jakarta Selatan lantaran melakukan pesta narkoba jenis ganja.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya mengajukan selebgram Chandrika Chika untuk melakukan rehabilitasi. Rencananya, Chika akan direhabilitasi di pusat BNN Lido.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024