Pembobolan Email Sarah Palin

Mahasiswa Tennesse Jadi Tersangka

VIVAnews - Anak dari anggota DPRD negara bagian Tennessee dari Partai Demokrat menjadi tersangka pembobolan alamat email pribadi Gubernur Alaska Sarah Palin. Meskipun demikian, David Kernell (20) dari Knoxville Tennessee mengaku tak bersalah atas tuduhan itu, dalam pembelaannya di pengadilan, Rabu 8 Oktober 2008. David menghadapi jaksa penuntut yang menuduhnya mengakses akun email Palin tanpa hak.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Kernell, mahasiswa jurusan ekonomi dari Universitas Tennessee, dibawa ke pengadilan dengan mengenakan borgol di tangan dan kakinya. Dia kemudian dibebaskan tanpa surat jaminan, tapi pengadilan membatasi penggunaan komputer Kernell hanya untuk mengecek email dan mengerjakan pekerjaan kuliah.

Ayah Kernell, Michael Kernell adalah anggota DPRD Tennesse , Ketua Komisi Operasional Pemerintah DPRD Tennessee. Michael Kernell mengatakan bahwa dia tak tahu menahu mengenai kejadian peretasan email Palin ini.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

David Kernell didakwa oleh grand juri di Knoxville hari sebelumnya, Selasa 7 Oktober 2008, dan terancam hukuman 5 tahun penjara, denda US$250.000 dan tiga tahun pembebasan bersyarat. Pengadilan akan diadakan 16 Desember 2008.

Penyelidikan berlanjut, dakwaan itu mengatakan bahwa setidaknya satu orang berhasil mengubah kata kunci akun email Palin dan mengakses emailnya setelah seorang peretas bernama "rubico” - pemerintah berpendapat bahwa nama itu adalah Kernell- yang kemudian memuat hasil pembobolannya di website.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

"Saya tidak bisa mengatakan secara spesifik apakah orang yang satunya juga dituntut atau tidak, “ kata Juru Bicara Departemen Keadilan Laura Sweeney dari Washington, seperti dikutip AP.

Hakim Clifford Shirley melarang Kernell untuk membicarakan kasus ini dengan setiap saksi yang potensial, termasuk dengan teman sekamarnya.

Kernell  juga dilarang untuk berhubungan langsung atau tidak langsung dengan Gubernur Palin maupun keluarganya.

Shirley memperingatkan bahwa bila Kernell melanggar salah satu dari syarat pembebasannya, maka dia akan ditahan hingga waktu pengadilan berlangsung

Pengacara Kernell, Wade Davies, mendampingi kliennya di pengadilan.“ Segera setelah kita mengetahui tuntutannya pagi ini, David dengan sukarela mengikuti prosedur, “ kata Davies, yang menolak untuk menjawab pertanyaan lain.

Dakwaan tanpa bukti itu, menuduh Kernell telah merubah kata kunci akun email Palin, untuk mendapatkan akses masuk ke dalamnya.

Pejabat berwenang mengatakan Kernell kemudian membaca isi email dan membuat screenshots dari direktori email, isi email dan informasi pribadi lainnya, dan kemudian memuat beberapa dari informasi itu di website.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya