10 Pemain Termahal 2008

VIVAnews - Pentas sepakbola dunia juga merasakan dampak dari krisis ekonomi. Namun jangan harap mega transfer akan hilang dengan adanya krisis global ini. Bagaimana dengan transfer windows 2, Januari 2009 mendatang?.

Pada transfer windows jilid 1, Robinho menjadi pemain termahal saat didatangkan Manchester City dari Real Madrid. Penyerang Brasil ini dihargai sebesar 32,5 juta poundsterling. Angka yang fantastis tentunya.

Namun, mega transfer bukan hanya milik Robinho. Majalah France Football telah merilis 10 pemain termahal di bursa transfer pemain pada 2008 lalu. Total 10 pemain termahal ini bernilai sebesar 221,8 juta poundsterling. Berikut 10 pemain termahal 2008 itu:

1. Robinho
Robinho didatangkan Manchester City dari Real Madrid dengan nilai transfer 32,5 juta poundsterling. Inilah rekor pembelian termahal di Liga Inggris. Kepindahan Robinho ke City of Manchester Stadium memang mengejutkan. Sebelumnya, Chelsea yang terlihat ngotot mendapatkannya. Namun, harga mahal tak menjamin segalanya. Meski terbilang subur dengan 11 gol, namun Robinho gagal mengangkat performa tim. The Citizens kini hanya nangkring di peringkat 13 klasemen Liga Inggris.

2.  Dimitar Berbatov
Striker Bulgaria ini didatangkan Manchester United dari Tottenham Hotspur seharga 30 juta poundsterling. Terbilang sukses di White Hart Line, Berbatov malah agak telat panas di Old Trafford. Striker 27 tahun ini baru mencetak tujuh gol bagi United di berbagai ajang. Dalam 15 laganya di Liga Inggris, Berba malah hanya mencetak tiga gol. Torehan yang belum sepadfan dengan harganya.

3. Daniel Alves
Bek sayap Brasil ini memang menjadi pemain paling banyak diminati di Liga Spanyol. Akhirnya, Barcelona yang berhasil mencaplok bek seharga 25 juta poundsterling ini dari Sevilla. Nilai transfer itu juga menjadi pembelian termahal bagi seorang bek pada 2008. Hingga saat ini, pembelian Alves terbilang manjur setelah Blaugrana mampu tampil perkasa di La Liga maupun Liga Champions.

4. Danny
Gelandang bernama lengkap Daniel Miguel Alves Gomes ini didatangkan Zenit St Petersburg dari Dynamo Moscow seharga 24 juta poundsterling. Ini pembelian paling mengejutkan dari Eropa Timur. Pembelian ini juga memecahkan rekor transfer di Rusia. Pemain kelahiran Venezuela yang kini membela timnas Portugal ini telah mengoleksi lima gol dalam 10 laga Zenit di Liga Rusia.

5.  Ricardo Quaresma
Inilah pembelian termahal Jose Mourinho di musim pertamanya bersama Internazionale Milan. Quaresma didatangkan dari FC Porto seharga 19,4 juta poundsterling. Digadang-gadang akan menjadi pemain kunci di Inter, Quaresma malah tampil pas-pasan bersama Nerazzurri. Mourinho sendiri juga mengakui performa Quaresma jauh dari harapan.

6.  Robbie Keane
Selain menjual Berbatov, Tottenham Spurs juga kehilangan bintangnya Robbie Keane. Striker 28 tahun ini secara resmi direkrut Liverpool seharga 19 juta poundsterling. Namun, karir Keane di Anfield tak sesuai harapan. Keane baru mengoleksi tujuh gol dalam 25 laganya bersama The Reds. Terakhir, Keane juga tak tampak saat Liverpool mencukur Newcastle 5-1, pekan lalu.

7. Jo
João Alves de Assis Silva atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jo ini didatangkan Manchester City dari CSKA Moscow seharga 19 juta poundsterling. Striker 21 tahun ini juga belum menunjukkan performa terbaiknya di Citizens. Jo hanya mencetak satu gol di sembilan laga musim ini. Bandingkan dengan torehan 44 gol dari 77 pertandingan bersama CSKA.

8. Amauri Carvalho
Striker kelahiran Brasil ini didatangkan Juventus dari Palermo dengan banderol 18 juta poundsterling. Bersama Bianconeri, Amauri berhasil mengoleksi 11 gol dalam 17 pertandingan Serie A. Di Liga Champions, striker yang tengah mengajukan diri ke timnas Italia ini baru mengoleksi dua gol. Namun, perannya di tim besutan Claudio Ranieri terbilang besar. Juve kini membuntuti Inter di Serie A dan lolos ke babak 16 besar Liga
Champions sebagai jawara grup.

9. David Bentley
Bentley didatangkan Spurs dari Blackburn Rovers seharga 17,3 juta poundsterling. Sayangnya, Bentley belum bisa mengangkat pamor Spurs di paruh musim ini. Bentley hanya mengoleksi satu gol dalam 20 pertandingan Liga Inggris. Spurs kini nangkring di peringkat 16 klasemen Liga Inggris.

10. Ronaldinho
Inilah pembelian paling menghebohkan di masa-masa akhir bursa transfer awal musim lalu. Gelandang 28 tahun ini memutuskan untuk meninggalkan Barcelona setelah tampil buruk musim lalu. AC Milan menjadi tambatan hati gelandang
seharga 16 juta poundsterling ini. Enam gol dalam 14 pertandingan terbilang manjur untuk seorang gelandang. Kini, Ronaldinho sedang menanti superstar lainnya, David Beckham. Rossoneri memang terbilang unik. Musim ini, Milan seakan menjadi tempat berkumpulnya veteran-veteran pemain terbaik masa lalu. Efektifkah?

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024