APBN 2008

Penerimaan Negara Melesat Jadi Rp 981 Triliun

VIVAnews - Realisasi defisit anggaran negara merosot tajam dari target semula di APBN Perubahan 2008. Penerimaan negara juga melesat dari target semula.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Defisit anggaran tahun lalu hanya Rp 4,2 triliun atau 0,1 persen dari produk domestik bruto. Itu jauh lebih rendah dari target APBN-P sebesar Rp 94,5 triliun (2,1 persen PDB).

Menurut Kepala Biro Humas Depkeu, Harry Z. Soeratin, pencapaian defisit tersebut disebabkan oleh realisasi pendapatan negara dan hibah yang mencapai Rp 981 triliun atau Rp 86 triliun melebihi target APBN-P 2008.

Pencapaian target itu didukung oleh realisasi penerimaan perpajakan yang mencapai Rp 658,7 triliun. Itu berarti Rp 49,4 triliun melebihi target.

Pencapaian ini sebagai hasil intensifikasi perpajakan yang didukung dengan langkah reformasi perpajakan yang terus dilakukan, serta dampak kenaikan harga komoditi primer di pasar dunia pada beberapa waktu yang lalu.

Realisasi penerimaan negara bukan pajak mencapai Rp 320,1 triliun atau Rp 37,2 triliun lebih tinggi dari target APBN-P 2008. Tingginya realisasi PNBP tersebut terutama disebabkan oleh lebih tingginya realisasi harga dan lifting minyak mentah Indonesia dari asumsi.

Sedangkan, realisasi belanja negara mencapai Rp 985,3 triliun atau Rp 4,2 triliun di bawah pagunya dalam APBN-P 2008.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Ketua umum PSSI, Erick Thohir memenuhi komitmennya dengan memperpanjang kontrak pelatih timnas, Shin Tae -Yong.  

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024