Antisipasi PHK

Pemerintah Ubah Strategi Penempatan TKI

VIVAnews - Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan mengubah strategi penempatan TKI di luar negeri. Terkait, kemungkinan terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 250 ribu orang Tenaga Kerja Indonesia yang terjadi tahun ini.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Pemerintah akan melakukan perubahan strategi," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno di kantornya, Selasa, 6 Januari 2009.

Menurut Erman, salah satu cara yang akan ditempuh pemerintah adalah dengan mengalihkan dan meningkatkan penempatan TKI ke negara-negara yang tidak terkena dampak krisis global.

Jepang dan Korea Selatan, kata dia, masih menjadi pilihan yang tepat untuk penempatan TKI. Sedangkan, kemungkinan pengalihan akan terjadi di negara-negara Timur Tengah. "Permintaan Arab Saudi dan Qatar atas TKI masih tinggi," ujar Erman.

Erman mengatakan, pemerintah tahun ini hanya berani menargetkan penempatan TKI sebanyak 650-700 orang. "Jauh berkurang dari target tahun 2008 yang sebanyak 1 juta orang," jelasnya.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Meski demikian, realisasi tahun 2008 juga sulit mencapai target. Data terakhir penempatan TKI hingga bulan Oktober 2008 baru berjumlah 550.063 orang dengan remintansi lebih dari US$5 miliar.

Anies dan Cak Imin silaturahmi lebaran di rumah pribadi Anies

Sama-sama dari Luar Kota, Anies-Cak Imin Baru Silaturahmi Lebaran di H+6 Idul Fitri

Pasangan calon nomor urut satu yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menggelar silaturahmi Hari Raya Idul fitri 1445 H atau Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024