Toko Online

Lepas DRM, iTunes Turunkan Harga

Apple mengumumkan potongan harga untuk sejumlah lagu di kios iTunes hingga menjadi sangat terjangkau, yakni 69 sen per lagu. Menariknya, tawaran Apple tersebut berlaku apabila perusahaan rekaman setuju untuk melepaskan DRM pada semua lagu. Hal itu disampaikan Philip Schiller, eksekutif marketing senior Apple, pada Macworld Trade Show di San Francisco, seperti dilansir AP, Selasa 6 Januari 2009.
 
"Ada tiga level harga yang ditawarkan, yaitu 69 sen, 99 sen, dan US$ 1,29. Perusahaan rekaman dipersilahkan menentukan harga untuk tiap-tiap lagu. Sementara ini, Apple akan menjual semua lagu di level 99 sen per lagu," ucap Schiller.

Fleksibilitas harga itu ditawarkan Apple dengan syarat perusahaan rekaman setuju untuk menjual semua lagu tanpa DRM (digital rights management). DRM merupakan teknologi yang membatasi seseorang untuk menyalin lagu atau menggandakannya ke lebih dari satu komputer. Sebelumnya, Apple hanya melepas DRM atau proteksi salin pada sejumlah lagu saja. Tapi, sejak akhir tahun lalu, Schiller mengaku, sekitar 10 juta lagu akan bebas DRM.
 
Langkah Apple ini disebut-sebut mengikuti jejak kompetitornya Amazon.com Inc, yang sudah menerapkan sistem serupa lebih dulu. Amazon.com mulai menjual musik tanpa DRM pada 2007 dan berhasil memincut seluruh perusahaan rekaman besar untuk bekerja sama mulai tahun lalu.
 
Sementara itu, kata Schiller, pengguna iPhone 3G kini dimungkinkan untuk membeli lagu dari kios iTunes dengan jaringan data selular. Sebelumnya, para pengguna ponsel cerdas favorit tersebut hanya bisa memperoleh lagu via koneksi Wi-Fi.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat
VIVA Militer: Serah terima jabatan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Mereka sama-sama abituren Akademi Militer 1991.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024