Kasus Gizi Buruk di Kupang

Jumlah Korban Meninggal Terus Bertambah

VIVAnews - Sedikitnya enam balita penderita gizi buruk meninggal dunia dalam sepekan terakhir. Dua korban tewas yakni Yustina Ina (1,7) dan Yayan (1,5) warga Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, meninggal pada pekan pertama Januari 2009.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Sementara empat lainnya, warga eks pengungsi Timor Timur yang menetap di kamp pegungsi Oebelo Kabupaten Kupang meninggal dunia akhir Desember lalu.

Direktur RS Umum Imanuel Waingapu, Kabupaten Sumba Timur,  Dani Ch, yang dihubungi Kamis 8 Januari 2008 mengatakan, sebelum dirawat di Rumah Sakit Imanuel, kedua korban sempat menjalani perawatan medis di puskesmas terdekat. "Karena tidak ada perubahan, korban dirujuk ke RSU Imanuel, namun akhirnya meninggal dunia Rabu," katanya.

Menurutnya, kondisi korban sudah kritis dan dehidrasi berat. "Berat badan kedua korban dibawah tiga kilogram. Kita sudah berupaya menolong, namun kondisinya sudah kritis," lanjutnya. 

Dia menambakan, masih terdapat enam balita penderita gizi di RS tersebut  dengan kondisi memprihatinkan. "Pasien yang masih diantaranya Arga Setiawan (9 bulan). Beratnya hanya empat kilogram," katanya.

Di Kabupaten Kupang, pemerintah setempat telah mengambil langkah darurat dengan membuka posko kesehatan di wilayah rawan diare. Upaya ini dilakukan untuk mencegah bertambahnya korban tewas.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

"Apalagi, sebagian korban adalah balita penderita gizi," kata Kepala Bidang Penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Lalu Budiarja.

Tahun 2008 lalu, jumlah penderita gizi buruk yang dilaporkan meninggal dunia, mencapai 28 orang. Sebagian besar korban berasal dari keluarga miskin yang menetap diwilayah terisolir. 

Kasus gizi kembali merebak diawal 2009, setelah pemerintah pusat menolak usulan dana Rp 50,4 miliar yang dikirim ke Menkokesra. Kondisi ini menyebabkan pemberian makanan tambahan bagi balita penderita gizi dihentikan. Sedikitnya 100.000 balita di 20 kabupaten/kota masih menderita gizi.

Laporan: Jemris Fointuna | Kupang

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024