Mass Rapid Transit

Stasiun Subway di Ratu Plaza - Dukuh Atas

VIVAnews - Selain dibangun rel layang untuk mass rapid transit (MRT), akan juga dibangun subway (bawah tanah). Stasiun subway akan dibangun mulai dari depan Ratu Plaza, Senayan hingga ke Dukuh Atas.

Lokasi stasiun subway sebanyak 4 unit, mulai dari Ratu Plaza, Senayan, Bendungan Hilir, Setia Budi dan kemudian Dukuh Atas.

"Nanti akan kita lihat lagi bisa saja berubah tergantung connection building to building (jalur gedung ke gedung lainnya," kata Direktur PT MRT Jakarta Eddi Santosa kepada VIVAnews.

Untuk pembangunan pembangunan subway akan memakai teknologi Tunnel Boring Machine (TBM). Mesin ini semacam robot yang akan melakukan pengeboran sekaligus menyemen dan membeton.

"Teknologi ini sudah diterapkan di berbagai negara seperti Singapura, Taiwan, Jepang dan Eropa," katanya.
PT MRT Jakarta akan membangun 12 stasiun yang meliputi 4 stasiun subway (bawah tanah) dan 8 stasiun melayang.

Sebanyak 8 stasiun akan dibangun di jalur layang yakni di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A,  Blok M, Sisingamangaraja, dan Senayan.

Sedangkan 4 stasiun di bawah tanah (subway) akan dibangun di Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi dan Dukuh Atas.

Untuk tarifnya akan dipatok Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu untuk jarak terjauh. Namun tarif ini baru akan berlaku pada tahun 2015 ketika MRT mulai beroperasi. Tarif akan berlakukan semurah mungkin, karena nantinya akan disubsidi pemerintah.

Armada mass rapid transit (MRT) yang akan disiapkan berupa 17 set kereta dengan total gerbong sebanyak 102 unit. Kereta bisa melaju pada kecepatan antara 80 kilometer hingga 100 kilometer per jam.

Dengan kecepatan maksimal kereta 80 hingga 100 kilometer per jam, maka dengan total track sepanjang 14,5 kilometer akan ditempuh dalam waktu 27 menit.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
ilustrasi sholat/salat/shalat

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Manusia kerap dihadapkan dengan berbagai masalah dan ujian yang terasa berat. Dalam situasi ini, salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dengan sholat hajat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024