22 Lembaga Siap Kucurkan Dana untuk RI

VIVAnews - Pemerintah Indonesia berhasil menarik sejumlah negara dan lembaga multilateral pemberi pinjaman/hibah luar negeri menandatangani Jakarta Commitment. Sedikitnya ada 22 mitra kerjasama pembangunan multilateral dan bilateral yang meneken perjanjian itu.

Penandatanganan MoU dilakukan di Bappenas, Jakarta, Senin 12 Januari 2009 kemarin. Dokumen yang ditandatangani berisi kesepakatan bersama untuk melaksanakan langkah-langkah bagi peningkatan efektivitas pinjaman/hibah luar negeri. Dengan penandatanganan ini menandakan bahwa pengelolaan pinjaman Indonesia diperkuat untuk kepentingan nasional.

Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan aspek terpenting Jakarta Commitment adalah ownership.

Menneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta menjelaskan Komitmen Jakarta dilatarbelakangi sebagai upaya untuk membawa komitemen internasional ke dalam tingkat nasional untuk memanfaatkan Official Development Assistance (ODA).

"Dalam kerangka ini, maka akan menggunakan penyesuaian dengan sistem nasional misalnya dalam penganggaran," ujarnya. Harmonisasi program akan dilakukan untuk mengurangi duplikasi.

Paskah menyebutkan porsi pinjaman/hibah luar negeri Indonesia saat ini masih kecil. "Tidak lebih dari 5 persen APBN," katanya. Kondisi ini menurut dia sama sekali tidak mengganggu pendanaan dan pembangunan.

"Kita tidak menganggap penting jumlahnya, namun efektivitas," ujarnya. Penekanan efektifitas ini bisa dilihat pada pembubaran forum CGI dan percepatan penyelesaian IMF.

Wakil-wakil Development Partner yang menandatangi Jakarta commitment adalah, Asian Development Bank, Australia, Asutria, Canada, European Commission, Finlandia, France, Agence Francaise de Development, Germany, Italy, Japan, Japan Internasional Cooperation Agency, Korea, The Netherlands, New Zealands, Norway, Poland, Sweden, United Kingdom, United State of America, United Nations, dan World Bank.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual
 Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, dikabarkan mundur dari bursa pencalonan Pilkada Kota Bandung. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menepis kabar itu.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024