Bunga KPR CIMB Niaga Turun Akhir Januari

VIVAnews - Bank CIMB Niaga akan menurunkan bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) minimal 50 basis poin pada akhir Januari 2009. Penurunan suku bunga KPR itu mengikuti penurunan BI Rate yang menjadi 8,75 persen.

"Penurunan suku bunga itu direview dengan menghitung berapa dampak yang terkena terhadap pricing kredit kita," kata Direktur Bank Niaga James Rompas di Jakarta, Selasa 13 Januari 2009.

Saat ini suku bunga KPR CIMB Niaga mencapai 15,5 persen sampai 16 persen. Sedangkan KPR mempunyai porsi 65 persen dari kredit consumer, dan akan ditingkatkan menjadi 70 persen pada 2009. Dari sisi non performing loan KPR, angkanya masih di bawah dua persen.

Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid menambahkan, selain KPR, bunga kredit lainnya juga akan turun perlahan sesuai dengan keadaan. Namun penurunannya itu akan dilakukan secara perlahan dan bertahap karena harus melalui masa transisi.

"Begini kan aset dana deposito itu repricing-nya tidak otomatis, tapi sesuai jatuh temponya. Jadi akan ada penurunan tapi pelan-pelan karena ada transisi. Saya rasa dalam kuartal satu bunga akan turun," kata dia.

Bank gabungan Bank Niaga dan Lippo ini menargetkan pada 2009 pertumbuhan kredit sebesar 15 persen sampai 20 persen yang aka lebih banyak disalurkan ke kredit komersial dan ritel. CIMB Niaga lebih berhati-hati dalam memberikan pinjaman valas karena ketatnya likuiditas valas. Arwin menambahkan untuk kredit valas Bank Niaga telah turun mendekati US$ 280 juta.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024