Siaga I, Pembukaan Pintu Air Tunggu Presiden

VIVAnews - Meski ketinggian mencapai 900 sentimeter Pintu Air Manggarai tetap tidak akan dibuka tanpa persetujuan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sebab jika pintu air dibuka maka Istana Negara akan kebanjiran.

"Jika pintu air dibuka Istana Presiden akan banjir, dan banjir di Kampung Melayu akan turun. Ini pernah terjadi pada tahun 2007," ujar Teguh Budiono, petugas piket Satkorlak Penanggulangan Bencana dan Pengungsian DKI Jakarta, Kamis 15 Januari 2009.

Pintu air Manggarai memang mendapat perlakuan khusus dari pemerintah. Pada kondisiĀ  siaga I pintu air ini dibuka atau tindaknya, harus mendapatkan persetujuan langsung dari presiden.

Jika kondisi dalam keadaan gawat, petugas keamanan akan dikerahkan untuk menjaga pintu air tersebut. Sebab banyak warga yang emosi dan memasksa ingin membuka pintu air.

Jika keadaannya normal air dari Pintu Air Manggarai akan dialirkan ke beberapa kali, di antaranya Kali Gajah Mada, dan langsung ke laut. Jika ketinggian air mencapai 900 sentimeter, maka Kampung Melayu akan tenggelam.

Namun saat ini, ketinggian air di Pintu Air Manggarai masih sekitar 885 sentimeter. Statusnya saat ini masih siaga II.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024