Dua Demo Warnai Pemilihan Ketua MA

VIVAnews - Pemilihan Ketua Mahkamah Agung diwarnai aksi unjuk rasa dari dua kelompok massa. Sekitar 150 orang menggelar aksi demo dan teaterikal itu menolak Ketua Mahkamah Agung yang sudah lanjut usia.

Aksi itu digelar Jaringan Pemuda Penggerak atau Jamper dan massa dari Konsorsium Mahasiswa Hukum Indonesia atau Kamhi. Aksi massa digelar di depan Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Januari 2009.

Massa dari Konsorsium Mahasiswa Hukum Indonesia berjumlah sekitar 100 orang. Massa mahasiswa menolak hakim agung yang sudah berusia lanjut. Dalam aksinya, mahasiswa membentangkan poster dan spanduk yang antar lain bertuliskan "Jompo Pasti Sakit Flu, Bersihkan MA dari Hakim Jompo, Dicari Ketua MA yang Sehat wal Afiat."

Aksi massa kedua yang berlangsung bersamaan dilakukan massa dari Jaringan Pemuda Penggerak, yang berjumlah sekiatr 50 orang. Massa yang kedua itu sempat menggelar aksi teaterikal yang menyindir terpilihnya Harifin Tumpa.

Seorang demonstran memerankan Ketua Mahkamah Agung yang baru saja terpilih, Harifin Tumpa. Harifin Tumpa yang diperankan ini sedang duduk di kursi roda bertuliskan, 'Kendaran Mahkamah Agung.' Tidak hanya itu, tokoh Harifin Tumpa ini duduk di kursi roda sambil dipasangkan infus.

Menurut koordinator aksi dari Jaringan Pemuda Penggerak, Wasil, parameter Ketua Mahkamah Agung itu tidak hanya memiliki kapasitas hukum yang memadai, kebijakan dan integritas. "Akan tetapi yang lebih besar adalah kondisi fisik dan tangguh yang mencerminkan sebuah keputusan yang cepat dan tepat. itu tidak dimiliki Harifin Tumpa," ujar Wasil. Aksi demo ini mendapatkan penjagaan sekitar 30 polisi.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024