Jelang Tahun Baru Imlek

Lampion dan Pohon Mehwa Laku Keras di Petak 9

VIVAnews - Tahun Baru Imlek (Sienci) atau Tahun Baru Khonghucu 1 Cia Gwee 2560 akan berlangsung sekitar satu minggu lagi, yakni pada Senin 26 Januari 2009. Tetapi suasana Imlek sudah sangat terasa di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Pusat.

Pantauan VIVAnews di kawasan pecinan, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Pusat, berbagai toko yang biasanya menjual dagangan pasar tradisional kini mulai berubah. Lampu lampion atau Ten Lung, Pohon Mehwa atau yang dikenal dengan Pohon Keberuntungan kini menjadi idola pembeli.

Kawasan yang berada di Jalan Pancoran sampai Wihara Dharma Bakti itu kini dijejali masyarakat yang ingin memborong beraneka ragam dagangan yang khas dipakai dalam perayaan Imlek. Kue keranjang, angpau merah, hio, dan baju-baju khas China juga menjadi sasaran utama pembeli.

"Yang sudah mulai banyak diminati itu Lampion atau Ten Lung dan Pohon Mehwa," ujar seorang pemilik Toko Ceria Unik, Elis Susanan kepada VIVAnews di kawasan Petak Sembilan. Barang dagangan yang dimiliki Elis terbilang cukup lengkap. Dia juga menjual baju-baju yang khusus diimpor langsung dari China.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Penggunaan lampion selalu berpasang-pasangan. Harga satu pasang lampion itu minimal Rp 40 ribu. Sedangkan paling mahal bisa mencapai Rp 600 ribu. "Lampion itu selalu berpasangan, itu khas China," tambah Elis.

Biasanya sepanjang jalan Kemenangan yang panjangnya sekitar 500 meter ini berjejer aneka dagangan. Mulai dari makanan sampai barang kebutuhan rumah tangga. Terlihat mulai hari ini, praktis suasana didominasi barang dagangan berwarna merah yang 'beraroma' Imlek.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari
Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024