Jelang Pelantikan Barack Obama

Washington DC Membeludak

VIVAnews - Ibukota Amerika Serikat, Washington DC, mulai dipenuhi para pengunjung yang ingin menyaksikan upacara pelantikan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44. Selasa, 20 Januari 2009, Pukul 07.00 waktu setempat, 207.000 orang masuk ke Washington menaiki sistem angkutan kereta bawah tanah Washington.

Keramaian memenuhi kereta-kereta bawah tanah, lapangan parkir dan pelataran nasional yang membentang dari gedung Capitol ke Monumen Washington, berjam-jam sebelum Obama dilantik. Barisan panjang terbentang di luar stasiun kereta bawah tanah. "Benar-benar membeludak," kata juru bicara kereta bawah tanah Washington, Lisa Farbstein.

Saat yang sama, ribuan orang sudah berkumpul di Jalan Pennsylvania, tempat yang biasanya jadi rute parade pelantikan. Mereka menghibur diri dengan bernyanyi, berteriak dan berseru.

Polisi memperkirakan pelantikan Obama ini akan membuat rekor baru memecahkan rekor pelantikan Lyndon Johnson tahun 1965 yang dihadiri 1,2 juta orang. Pelantikan Obama bahkan diperkirakan bisa menembus rekor 2 juta orang.

Selama berminggu-minggu sebelum acara ini, pejabat sudah mengingatkan pengunjung untuk tiba lebih awal di tempat pelantikan, gedung Capitol. Sejak Senin, 19 Januari 2009, bahkan pengunjung dari seluruh penjuru Amerika telah tiba di Washington dengan menggunakan bus-bus carteran.

Sejumlah fasilitas umum ditutup seperti jembatan yang menghubungkan Washington dengan Virginia, meski beberapa kendaraan masih dapat izin seperti sepeda dan pejalan kaki. Dua stasiun kereta di dekat pelataran nasional juga ditutup. (AP)

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Anda bisa menyaksikan langsung pelantikan Obama pada pukul 23.30 Waktu Indonesia Barat nanti melalui livestreaming berikut ini.

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024