Kaktus Membuat Air Bersih

VIVAnews - Setiap manusia membutuhkan air bersih untuk hidup. Seperti minum, memasak, mandi, mencuci dan masih banyak lagi. Tetapi, di beberapa tempat di dunia sulit untuk mendapatkan air bersih. Nah, salah satu negara yang kesulitan mendapatkan air bersih adalah Mexico.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut para ahli kemudian bereksperimen dengan tumbuhan kaktus yang banyak terdapat di Mexico. Kaktus yang diteliti adalah kaktus yang sering diolah dan dimakan oleh masyarakat setempat. Dan, ternyata, getah dalam kaktus itu dapat digunakan untuk menjernihkan air yang kotor.

Menurut Norma Alcantar, salah satu peneliti yang juga ahli kimia di Universitas South Florida, sejak dulu masyarakat di Amerika Latin memang sering menggunakan kaktus untuk menjernihkan air. Cara untuk menjernihkan air menggunakan kaktus adalah dengan memasak kaktus yang bisa dimakan ke dalam air mendidih. Kemudian bagian air yang berada di bagian atas panci akan menjadi jernih dan dapat diminum. Karena, getah dalam kaktus membuat kotoran dalam air menjadi mengendap.

Getah atau cairan itu juga yang memungkinkan kaktus bisa hidup di cuaca panas. Hal itu karena, simpanan air dalam kaktus cukup banyak. Jadi, saat musim panas datang kaktus tidak akan kekurangan air.

Selain dapat menjernihkan air ternyata getah tersebut juga bisa menghilangkan zat kimia beracun dalam air seperti arsenik. Tetapi, membutuhkan waktu lebih lama untuk merebusnya yaitu selama 36 jam.

Kalau ada pohon kaktus seperti itu di Indonesia pasti akan sangat membantu masyarakat yang kekurangan air bersih ya teman-teman.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024