Operasional Listrik Masih Terpusat

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mengusulkan agar kegiatan operasional PT Perusahaan Listrik Negara tidak terpusat dalam satu wilayah.

Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa mengatakan, dengan demikian birokrasi yang harus dihadapi oleh investor tidak berbelit-belit, sehingga dapat menarik perhatian investor. "Sebaiknya PLN dibagi dalam regional-regioan saja," kata dia di Jakarta, Rabu 28 Januari 2009. 

Dia mengatakan, seperti di China distribusi listriknya tidak hanya dalam satu wilayah. Ini bisa juga dilakukanPLN. Jika cakupannya sudah terlalu besar, PLN harus membagi per wilayah. 

Dia mengatakan, pemerintah seharusnya mempermudah birokrasi bagi investor yang akan menanamkan investasinya di bidang ketenagalistrikan. Selain itu, pemerintah perlu menerapkan tarif beli yang layak, sehingga para investor lebih giat menanamkan investasinya. "Selama ini investasi listrik swasta diberikan tarif terlalu rendah," katanya.

Dengan kondisi ini, pengusaha berpikir ulang dalam menanamkan investasinya. Sebab jika keadaan ini berlanjut, pengusaha sulit berkembang. Apalagi dengan keuntungan yang sangat kecil itu perbankan enggan memberikan pinjaman. "Kami berharap pemerintah memberika tarif cukup bagus agar swasta mau berinvestasi," katanya.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024