"Kapitalisme Lebih Baik Dari Komunisme"

VIVAnews - Keruntuhan ekonomi Amerika Serikat akibat krisis global, bagi sebagian orang, adalah bukti nyata keruntuhan kapitalisme. Namun, menurut Direktur Freedom Institute, Rizal Mallarangeng, bagaimanapun, kapitalisme lebih baik daripada komunisme.

"Kapitalisme tak seperti komunisme yang sudah gagal, beralih ke sistem lain. Kapitalisme, jika gagal, mengadopsi sistem lain," kata Rizal usai diskusi bulanan Freedom Institute bertema "Peran Negara dalam Krisis Kapitalisme" di Jakarta, Senin 2 Februari 2009.

Meski kapitalisme tak kebal terhadap krisis, kata Rizal, tapi dia akan muncul dalam bentuk lain. "Dengan esensi yang sama," kata dia.

Mengenai peran pemerintah dalam krisis, Rizal berpendapat pemerintah tidak bisa membiarkan sektor finansial tumbang. Sebab, akan terjadi depresi. "Tidak ada politisi di negara modern yang bisa membiarkan pasar finansial tumbang," tambah dia.

Pemerintah, kata dia, sebaiknya tak mengintervensi pasar, namun tak berarti sama sekali tak berperan dalam pasar. "Pemerintah hanya sebatas penyertaan mdoal saja," ujar Rizal.

Secara terpisah, Analis bursa saham, Poltak Hotradero mengatakan saat krisis, pemerintah tak bisa mengandalkan ekspor namun stimulus dalam negeri. Pemerintah, kata Poltak, juga harus memprioritaskan sektor privat. Sebab, "Lebih penting untuk menyerap tenaga kerja," kata Poltak.

10 Aktor BL Thailand yang Mencuri Hati Penggemar: Aslinya Bukan Gay?
Pembunuh perempuan open BO di Pulau Pari

Penampakan Pembunuh Wanita Open BO di Pulau Pari

Pembunuh wanita berinisial R (35) yang tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, ditangkap. Diketahui perempuan ini bekerja open BO

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024