Ekspansi Operator

Bangka Belitung, Simpul XL di Sumatera

VIVAnews - PT Excelcomindo Pratama (XL), operator yang baru saja meresmikan Grha XL di Pangkal Pinang-Bangka, mengakui bahwa Bangka-Belitung merupakan simpul network utama XL di Sumatera. Hal itu dituturkan Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, di sela-sela Peluncuran Grha XL Jumat lalu di Pangkal Pinang, Bangka, Senin 9 Februari 2009.

Tercatat jaringan fiber optik XL membentang lebih dari 1.000 kilometer dari Ibukota Jakarta. Dari Jakarta (Pademangan) menuju Mentigi (Belitung) berjarak 350 kilometer, dilanjutkan dari Belitung-Bangka sepanjang 310 kilometer. Sementara dari pulau Bangka ke Jambi tertanam kabel optik sepanjang 376 kilometer. Dan, dari Jambi ke Batam membentang sepanjang 296 kilometer. Setelah Batam, fiber optik langsung terhubung dengan infrastruktur di Johor Bahru, Malaysia.

"Selain menghubungkan pulau-pulau di Indonesia, jaringan serat optik bawah laut ini juga tertanam melingkari Pulau Sumatera, mulai dari pesisir Samudera Hindia hingga Selat Malaka dan bersimpul di Bangka-Belitung. Kita menyebutnya dengan istilah lup atau lingkaran," ujar Hasnul.

Menurutnya, lebih banyak titik jaringan yang terbangun, akan semakin baik. Alasannya, hal tersebut memudahkan penyelenggara layanan yang menggunakan FO selama memonitor jaringannya.

Di tempat yang sama, Hasnul juga memaparkan bahwa XL telah mengucurkan dana investasi sebesar Rp 400 miliar untuk pembangunan infrastrukturnya di Bangka Belitung sejak 2003, meliputi BTS dan fiber optik.

Di Bangka-Belitung sendiri, hingga hari ini XL mengklaim telah melayani sekitar 98 persen jangkauan wilayah yang ada provinsi itu dengan jumlah BTS mencapai 244 unit (52 overlay), yang mana 11 diantaranya telah siap melayani jaringan 3G XL.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024