Kasus Bank Century

LPS Akui Sulit Selesaikan Dana Nasabah

VIVAnews - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengaku tidak bisa menyelesaikan masalah dana nasabah Bank Century yang tersangkut kasus penipuan produk investasi PT Antaboga Delta Sekuritas. Sebab, dalam proses pengambilalihan, manajemen lama tidak memasukkan dana nasabah tersebut sebagai liabilities perseroan.

"LPS masuk ke Century untuk menyehatkan bank sehingga kami tidak berhubungan langsung dengan nasabah," ujar Kepala Eksekutif LPS Firdaus Djaelani usai rapat dengan pendapat umum dengan komisi XI DPR di gedung DPR, Jakarta, Selasa 10 Februari 2009.

Menurut Firdaus, pihaknya hanya akan melakukan langkah-langkah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam undang-undang (UU). "Kami masih memikirkan untuk mengganti nasabah, namun masih mencari jalan keluarnya," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, persoalan pengembalian dana nasabah Century tersebut seharusnya menjadi kebijakan dari pemegang saham lama.

Sebelumnya, Anggota Komisi XI DPR Dradjad Wibowo meminta agar LPS mengganti dana nasabah yang terkena penipuan. Sebab pengambilalihan bank Century tidak terbatas pada nilai aset melainkan termasuk utang-utang perusahaan.

Escrow Account

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Soal 62 rekening milik Robert Tantular, Firdaus menyatakan masih akan dibicarakan antara pemerintah dengan pihak kepolisian, bagaimana caranya dana tersebut bisa disimpan di escrow account.

Escrow accout pada dasarnya merupakan renening netral tidak bisa digunakan oleh siapa pun sambil menunggu sampai ada kejelasan status, baru diserahkan kepada pihak yang berhak menerima dana tersebut. Apakah kepada LPS atau diserahkan untuk membayar dana nasabah Antaboga.

"Kalau di kita (LPS) kita lihat apakah itu termasuk bagian dari liabilities atau tidak. Kalau termasuk liabilities, itu pihak manajemen yang akan menyelesaikan," kata dia.

Untuk penyelamatan aset di escrow account, ujar dia, akan dilihat dulu berapa jumlahnya. "Kita berkepentingan juga terhadap dana tersebut. LPS juga ingin uangnya kembali, kan ada aset yang uangnya dibobol pemilik lama," kata dia.

Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024