Apindo Undang Dialog Enam Partai Besar

VIVAnews - Pengusaha nasional yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengundang enam partai politik untuk hadir dalam dialog yang bertema "Pengusaha Bertanya, Partai Politik Menjawab". Dialog ini akan diselenggarakan di Four Season Hotel pada tanggal 13, 14, dan 16 Februari 2009 di Hotel Four Season, Jakarta.

"Kami akan menghadirkan setiap ketua umum partai dan tim ekonominya untuk berdialog bersama pengusaha," kata Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, 11 Februari 2009. Setiap ketua umum, kata Sofjan, sudah konfirmasi untuk bersedia datang.

Partai yang diundang adalah enam besar peraih kursi terbanyak di parlemen yakni Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Kebangkitan Bangsa. Satu hari, dua partai akan memberikan presentasi.

"Kami mohon maaf untuk partai lain, seperti PAN yang hanya menempati posisi ketujuh di kursi parlemen," kata Sofjan. Apindo membatasi hanya enam partai karena tidak bisa mengakomodir 38 partai sekaligus dalam satu dialog.

Dalam dialog ini, kata Sofjan, pengusaha ingin mengetahui bagaimana konsep ekonomi partai politik untuk kepemimpinan mendatang dan bagaimana pengusaha kemudian bisa berpartisipasi dalam konsep yang mereka usung. "Nantinya, hasil dialog akan menjadi bahan pertimbangan yang akan kami olah untuk bisa diusulkan secara konkret setelah mereka berkuasa," ujarnya.

Dialog yang baru pertama kali diadakan ini, setiap harinya dibagi dalam dua sesi, yakni pukul 09.00 dan 13.30. Setiap sesi diskusi akan membahas lima topik utama, yaitu makro ekonomi (pengangguran, kemiskinan, kepastian hukum, infrastruktur, otonomi daerah, kebijakan perpajakan, dan debirokratisasi), pertanian (swasembada pangan dan perkebunan), perbankan dan keuangan, industri perdagangan dan UKM, serta energi pertambangan dan migas.

Hari pertama, 13 Februari 2009, sesi pagi akan dihadiri oleh PDI Perjuangan dengan 5 panelis dari pengusaha di antaranya, Christ Kanter, Franky Welirang, Sigit Pramono, Rahmat Gobel, dan Edwin Soeryajaya. Sesi siang akan menghadirkan PKS dengan panelis Hariyadi B Sukamdani,Siswono Yudho Husodo, Hotbonar Sinaga, Benny Soetrisno, dan Deddy Sumanegara. Sesi dialog hari pertama akan dimoderatori Bambang Brojonegoro.

Hari kedua, 14 Februari, sesi pagi akan menghadirkan PKB dengan panelis Erwin Aksa, Bambang Ismawan, Arwin Rasyid, Shanti Poesposutjipto, dan AM Kusumo. Sedangkan sesi siang akan diisi Partai Demokrat dengan panelis James Riyadi, La Tunreng (Anton Supit), Arifin Indra, Sinta Wijaya Kamdani, dan Tedi Rahmat. Kali ini Chatib Basri akan menjadi
moderator.

Hari terakhir, 16 Februari, sesi pagi akan dihadiri PPP dengan panelis Ciputra, Susi Pudjiastuti, Gita Wiryawan, Gunadi Sindhuwinata, dan Noke Kiroyan. Sesi siang akan menghadirkan Partai Golkar dengan panelis Agung Andi Prasetyo, Franky Wijaya, Gatot Suwondo, dan Arifin Panigoro. Moderator terakhir yakni Jusman Simanjutak.

Selain itu, juga akan dihadiri panelis dari perwakilan kamar dagang asing seperti James Castle (American Chamber), Peter Fanning (IABC), dan Hans Josef Schill (Euro Chamber).

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024