Kasus Bank Century

PPATK Minta Bank Laporkan Rekening Robert

VIVAnews - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terus melanjutkan penelusuran rekening Robert Tantular di perbankan dalam negeri.

"Penelusuran rekening Robert jalan terus," ujar Kepala PPATK, Yunus Husein kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu, 11 Februari 2009.

Menurut dia, penelusuran dilakukan di perbankan dalam dan luar negeri. Namun, sejauh ini lebih banyak dilakukan di bank-bank domestik. "Kami minta laporan dari bank-bank dalam negeri," kata Yunus.

Namun, seberapa detail hasil penelusuran tersebut, Yunus enggan mengungkapkan. "Detailnya tanya kepada Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Kami sudah serahkan ke sana."

Markas Besar Kepolisian sedang menelusuri 62 rekening yang dipakai oleh Robert Tantular untuk menyembunyikan duit hasil kejahatan perbankan di PT Bank Century Tbk.

Menurut Bareskrim Mabes Polri, Komjen Polisi Susno Duadji, penelusuran rekening-rekening tersebut dilakukan oleh penyidik dengan bantuan PPATK guna mencari uang-uang hasil kejahatan.

Selasa kemarin, 10 Februari, Bank Indonesia mengaku telah bekerja sama dengan PPATK dan Mabes Polri untuk menelusuri 62 rekening yang dipakai Robert Tantular.

"Semuanya berada di dalam negeri, kalau yang di luar negeri saya tidak tahu," kata Deputi Gubernur BI Siti Fadjriah seusai rapat kerja dengan Komisi Keuangan DPR di Jakarta, Selasa 10 Februari 2009.

Selain puluhan rekening yang tersebar di sejumlah bank itu, juga ditemukan lima rekening Antaboga yang ada di Century. Dia mengaku tidak mengetahui berapa nilai dari rekening yang diblokir tersebut, karena kewenangan penyidikan ada di kepolisian.

"Dalam UU BI kalau dia itu sudah tersangka, rekening bisa langsung mereka minta. Rekening yang menelusuri PPATK," katanya.

Untuk dapat mendesak regulator mengejar aset Robert Tantular, Komisi Keuangan DPR meminta agar Bapepam-LK, LPS, BI untuk menampung 62 rekening yang sudah ditemukan dalam rekening penampung.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

Partai Demokrat menyebut nama kadernya Dede Yusuf yang potensial untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024