Kebakaran Hebat di Australia

Rudi dan Dean Hilang Bersama Honda Jazz Ungu

VIVAnews - Dua warga negara Indonesia (WNI), Rudi dan Dean Lesmano, yang hilang di dekat lokasi kebakaran Australia adalah mahasiswa juru masak dari Institut William Angliss. Saat meninggalkan kediaman di Surrey Hills, keduanya tidak menyadari ada api yang menjalar di sekitar mereka.

"Keduanya menuju tempat wisata menggunakan mobil Honda Jazz berwarna Ungu. Mereka sangat antusias untuk pergi berwisata. Saya menduga mereka tidak menyadari bahwa ada kebakaran hebat," ujar kakak Rudi, Julianne seperti ditulis laman The Age.com.au, Kamis, 12 Februari 2009.

Dua WNI yang hilang itu merupakan mahasiswa pertukaran pelajar. Jadi, menurut Julianne, keduanya tidak mengetahui ada ancaman kebakaran hebat yang sedang melanda semak belukar di Australia.

Julianne menegaskan, adiknya tinggal di Melbourne selama dua tahun. Saat kejadian berlangsung, Rudi dan Dean ingin berwisata sambil mengambil dokumentasi pemandangan alam di pedesaan, sebelum bekerja di rumah makan Jepang di Toorak. "Dia menerima tawaran untuk bekerja paruh waktu. Sebelum memulai pekerjaan pada Rabu nanti, keduanya ingin jalan-jalan menggunakan mobil," ujar Julianne.

Kehilangan dua WNI itu dibenarkan juru Bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah. "Benar ada dua warga negara Indonesia hilang di sana.," kata Faizasyah saat dihubungi VIVAnews, Kamis 12 Februari 2009. 

Kebakaran itu diduga disulut dengan sengaja dan diketahui telah menghanguskan kota Marysville dan Kinglake. Kepolisian menyatakan setengah pemukiman penduduk di Kingslake terbakar hingga rata dengan tanah.

Laporan menyebutkan, kebakaran hebat yang melanda semak belukar di Australia menyebabkan 181 orang tewas, 500 orang terluka, 1.000 rumah terbakar. Kebakaran itu memusnahkan sekitar 365 ribu hektar lahan yang terjadi mulai akhir pekan lalu di Negara Bagian Victoria, sebelah tenggara Australia.

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024