Kiat Demokrat untuk Raih 20 Persen Suara

VIVAnews - Kepercayaan diri Partai Demokrat dinilai banyak pengamat sedang tinggi. Partai Demokrat percaya diri akan meraup 20 persen suara dalam Pemilu 2009 nanti.

Keyakinan ini, kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Yahya Secawirya, memiliki landasan yang kuat. Partai Demokrat sekarang berbeda jauh dengan saat Pemilu 2004.

"Pertama, waktu itu Demokrat kan baru berdiri. Secara struktural juga baru menata diri," kata Yahya kepada VIVAnews, Rabu 11 Februari 2009 kemarin. "Sedangkan sekarang, dengan persiapan yang cukup panjang, kami sudah menata sampai ke tingkat ranting (desa), bahkan ada yang sampai anak ranting."

Persiapan Demokrat, kata Yahya, benar-benar matang untuk Pemilu ini. Sejak tahun lalu, Demokrat gencar melakukan pendidikan kader mulai dari tingkat Dewan Pimpinan Daerah sampai ke tingkat ranting. "Kami sudah mendidik kader politik kami seperti Ketua DPD, Ketua DPC, Bappilu, termasuk kader perempuan, selama 4 bulan yang dibagi menjadi beberapa gelombang," kata Yahya.

Satu gelombang memakan waktu 15 hari. Satu hari penuh, kader dibimbing mengenai visi, misi, strategi, taktik, dan cara kampanye. "Total ada 8 gelombang selama empat bulan."

Untuk meningkatkan kompetensi dan daya tarung kader, sejak awal tahapan Pemilu, Demokrat memakai sistem suara terbanyak dalam penetapan calon legislator. Dan sistem ini pula yang membuat Demokrat optimistis akan meraup lebih dari 20 persen suara nantinya.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024