Waspadai Konsumsi Vitamin E Saat Hamil

VIVAnews - Para ibu hamil hendaknya mengendalikan asupan vitamin E yang masuk ke dalam tubuh mereka. Konsumsi vitamin E berlebih dapat mengakibatkan gangguan pada janin.

Hasil penelitian yang dilakukan tim dari University Medical Center, Rotterdam, Belanda, menunjukkan, ibu hamil yang mengonsumsi vitamin E berlebih berisiko melahirkan bayi dengan gangguan hati.

Dalam penelitiannya, para pakar menguji 276 ibu yang memiliki bayi dengan gangguan fungsi hati, dan 324 ibu yang memiliki bayi dengan fungsi hati baik.

Hasil penelitian menunjukkan, para ibu yang mengonsumsi vitamin E dengan dosis besar berisiko 70 persen lebih tinggi dibandingkan ibu yang mengonsumi vitamin E dengan dosis rendah.

Peneliti menyimpulkan bahwa tingginya asupan vitamin E memungkinkan adanya ketidakseimbangangan antara oksidan dan antioksidan di dalam lapisan embrio. Kondisi ini berpengaruh pada perkembangan hati embrio, dan gangguan sel enzim pembersih racun secara alami.

Namun bukan berarti ibu hamil dilarang mengonsumi vitamin E. Dokter Graham Devereux, dari Department of Environmental and Occupational Medicine dari University of Aberdeen, Scotland, mengatakan, ibu hamil yang kurang mengonsumsi vitamin E juga berisiko melahirkan anak dengan gangguan asma.

Jadi bagi Anda para ibu hamil, asupan vitamin E tetap penting untuk tubuh dan janin. Asal dikonsumsi secara wajar dan hati-hati.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran
Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Warga Iran mulai menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Tiongkok tahun lalu untuk memulihkan hubungan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024