Mengapa Pria Terlelap Setelah Bercinta

VIVAnews – Usai bercinta, tentunya kita menginginkan belaian dan pelukan hangat dari suami. Atau, mungkin ngobrol sebentar tentang rutinitas yang dialami hari itu. Tapi, yang dilakukan suami malah langsung tertidur pulas. Hal ini mungkin bisa membuat Anda jengkel. Namun, mau bagaimana lagi, jika suami sudah tertidur pasti akan sulit dibangunkan.

Masalah ini ternyata dialami banyak wanita. Dan, tampaknya, sebagai istri Anda perlu menolerirnya. Karena, menurut Dr. Billy Goldberg, penulis buku Why Do Men Fall Asleep After Sex? ada beberapa penyebab mengapa pria cepat sekali tertidur setelah bercinta.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Penyebab pertama adalah hormon oksitocin, prolaktin, gamma amino butyric acid (GABA) dan beberapa hormon lainnya yang membuatnya langsung tertidur pulas.

"Saat orgasme ada perubahan zat kimia dalam tubuh pria. Pelepasan prolaktin, yang merupakan zat biokimia, membuat tubuh pria menjadi sangat lelah,” kata Dr. David McKenzie, seorang terapi seks asal Kanada.

Selain itu, kegiatan bercinta membutuhkan energi dan kekuatan otot yang maksimal. Dengan kerja otot otomatis tubuh memproduksi glikogen, yaitu zat yang membuat pria tertidur. Nah, karena pria memiliki massa otot lebih besar dari pada wanita, maka ia tertidur lebih cepat setelah bercinta.

Tidak hanya itu, penyebab lainnya, saat ejakulasi pasti dibarengi dengan penurunan ketegangan fisik secara drastic. Kondisi ini membuat fisik pria drop, dan akan terasa lelah. Dan, biasanya saat bercinta baik pria maupun wanita sering menahan napas atau bernapas dengan tidak teratur. Hal ini juga membuat tubuh kehilangan oksigen dan membuat rasa kantuk cepat muncul.

Untuk mengatasinya ada cara yang sangat mudah, yaitu sebelum bercinta ajak pasangan untuk menikmati secangkir kopi. Kopi merupakan perangsang alami yang sangat baik. Karena, dapat membuat fisik dan pikiran pasangan tetap terjaga selama bercinta dan sesudahnya.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024