Menkeu: Pertumbuhan Negatif Sampai Juni 2009

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus negatif hingga pertengahan 2009. Perlambatan ekonomi ini sudah terjadi sejak triwulan keempat 2008 yang minus 3,6 persen.

"Itu (pertumbuhan negatif) pasti kontinyu sampai Januari mungkin sampai pertengahan tahun 2009," kata Menkeu di Gedung DPR, Jakarta, Senin 16 Februari 2009.

Karenanya, kata Menkeu, pemerintah berkali-kali melakukan revisi pertumbuhan ekonomi 2009, mulai dari enam persen menjadi 5,5 persen, dan terakhir 4,7 persen.

Sebab tahun ini merupakan hal sulit menjaga pertumbuhan tetap positif mengingat sejak November ekspor mengalami penurunan. Kondisi ini berbeda dengan 2008 lalu yang sampai Oktober 2008 masih mencatat perkembangan positif di atas enam persen. "Kalau sekarang harus positif sulit karena 2008 dalam posisi kuat dan saat ini dalam posisi negatif," kata dia.

Karenanya, kata Menkeu, pemerintah akan berusaha meminimalisasi dampak ekonomi global yang telah memukul ekspor dan impor.
"Nah momentum pemerintah dari Januari sampai pertengahan tahun harus bisa mengkompensasi pelemahan eksternal dengan seluruh upaya dan persetujuan DPR. Kalau stimulusnya segera disetujui kita berharap growth diatas empat persen, di dalam range 4-5 persen, Insya Allah bisa dijaga," kata Menkeu.
 
Namun, Menkeu menambahkan, pemerintah menggarisbawahi bahwa statistik yang disampaikan BPS mengkonfirmasikan bahwa memang krisis global ini akan mempengaruhi seluruh kinerja ekonomi dunia tanpa harus mengatakan ini tidak bisa dihindari atau dalam hal ini pemerintah mencari-cari alasan. "Lebih penting fokusnya adalah antisipasi dan respon yang sudah direncanakan dan tentu disetujui oleh DPR dan harus dilaksanakan pemerintah pusat dan pemda," katanya.

BPS siang tadi mengumumkan pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2008 sebesar 5,2 persen atau minus 3,6 persen dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya. Sepanjang 2008, pertumbuhan ekonomi tercatat 6,1 persen.

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Polda Metro Jaya mengklaim masih mengusut kasus lima oknum polisi diduga pesta narkoba. Dengan begitu, bakal dilakukan pengusutan perihal dugaan pelanggaran etik serta pi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024