Piala FA

Arsenal vs Cardiff: Young Guns Mengamuk

VIVAnews - Arsenal berhasil lolos ke perempat final Piala FA setelah mengalahkan Cardiff City 4.-0, Senin 16 Februari 2009 (Selasa dinihari WIB).

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Gol diciptakan oleh Eduardo (20', 60'), Nicklas Bendtner(34'), dan Robin van Persie (89'). Bermain di Stadion Emirates, pasukan The Young Guns membuat Cradiff sebagai tamu keteteran.

Dari menit pertama, The Gunners sudah mengambil inisiatif serangan. Baru lima menit pertandingan dimulai, Bacary Sagna sudah berhasil memberi umpan cantik pada Bendtner di kotak penalti.

Sayang sundulan striker asal Denmark itu terlalu melebar. Semenit kemudian, gantian Eduardo yang mengancam jala Tom Heaton. Beruntung, kiper pinjaman dari Manchester United itu berhasil menangkap datangnya bola.

Berulang kali, jala Cardiff kembali terancam lewat trio Bendtner, Eduardo, dan Carlos Vela. Melalui berbagai percobaan kreatif, akhirnya lahirlah gol pertama tuan rumah di menit 20.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kali ini kerjasama satu -dua antara Eduardo dan Vela wajib diacungi dua jempol. Eduardo lebih dulu mengumpan pada Vela di sisi kiri. Vela yag menerima mengolah bola sesaat dan meluncurkan bola kembali pada Eduardo.

Bola disambut lewat sundulan, dan terjadilah gol pertama.

Selepas gol ini, The Bluebirds sulit sekali merebut bola dari para Young Guns. Memang sempat beberapa kali Roger Johnson cs melakukan serangan balik dan menghasilakan tendagan pojok.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Namun, kesempatan itu selalu berakhir dengan bola di kaki para pemain Arsenal.

Masuk menit 34, Bendtner kembali membuat kubu tuan rumah bersorak. Kali ini ia berhasil memanfaatkan sepak pojok dari Samir Nasri untuk disundul dan kembali jala Heaton.

Pasca gol kedua, The Gunners terlihat mulai mengendurkan serangan. Tapi tetap saja The Bluebirds mengalami kesulitan dalam perebutan bola.

Di menit akhir babak pertama, Vela gantian mencoba membobol jala Cardiff. Tapi kali ini Heaton melakukan penyelamatan gemilang. Hingga turun minum, skor bertahan 2-0 untuk Arsenal.

Di babak kedua, Arsenal masih juga menancapkan dominasinya. Pergerakan bola dikuasai dan membuat The Bluebirds hanya bisa lari mengejar bola. Masuk menit 54, Vela kembali menunjukkan skill luar biasa dengan sprint ke dalam kotak penalti.

Tapi kali ini sang kapten,Johnson, berhasil memblok serangan Vela.

Berselang lima menit lagi-lagi pemain Meskiko itu mengancam jala tim tamu. Para defender yang panik malah menjatuhkan Vela di kotak penalti.

Wasit tak menggubris, tapi kali ini malah gantian Eduardo yang dilanggar. Wasit pun menunjuk titik 12 pas. Eduardo sebagai eksekutor sukses menambah keunggulan di menit 60.

Ketika semua orang bepikir Eduardo akan melakukan hattrick, Arsene Wenger malah menariknya keluar di menit 68. Pendukung Arsenal memberi standing applause untuk pemain muda itu.

Sebaliknya, fans Cardiff malah melakukan hal tak terpuji, menimpuki pemainnya sendiri. Seperti dilansir yahoosport, terlihat telepon genggam dan sepatu mulai beterbangan ke arah pemain Cardiff.

Kembali ke lapangan, Robin van Persie yang baru masuk menggantikan Eduardo mencoba peruntungan dengan tembakan keras ke arah gawang.

Sayangnya van Persie malah terjebak posisi off side. Dua menit kemudian tepatnya menit 81, Amaury Bischoff yang masuk menggantikan Vela juga memberi ancaman. Bola silangnya nyaris membobol gawang Heaton. Beruntung, bola kembali melebar.

Menit 85, terjadi aksi ganjil saat Heaton menabrak Bendtner. Ini karena van Persie sukses meloloskan bola di antara mereka. Untungnya kedua pihak tak mengalami cedera serius.

Satu menit menjelang bubar, van Persie akhirnya mendapat gol pertamanya. Pemain Belanda itu menggenapkan kemenangan The Gunners menjadi 4-0.

Susunan pemain
Arsenal: Fabianski;Gibbs,Gallas,Toure, Sagna; Nasri (Ramsey'68), Denilson, Song, Vela (Bischoff'74); Bendtner, Eduardo (van Persie'68).

Cardiff City: Heaton; Kennedy, Johnson, Purse (Blake'68), McNaughton; Parry (Whittingham'68), Rae (Scimeca'74), Ledley, Burke; McCormack, Bothroyd.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya