Problem Mata Pengaruhi Pendengaran Anak

VIVAnews - Jika buah hati Anda sering memiliki masalah pada mata, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata. Sebab, bisa jadi kondisi matanya itu bisa mengganggu indera pendengaran si kecil.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Menurut penelitian di Amerika Serikat, sekitar 20% anak yang memiliki masalah penglihatan, pendengarannya juga akan bermasalah. Dalam dunia kesehatan kondisi ini disebut sebagai masalah sensorineural.

Masalah sensorineural, disebabkan adanya kerusakan di saraf bagian dalam telinga yang menghubungkan telinga dengan otak. Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Arun Sharma, dari University of Washington, AS, masalah tersebut dialami oleh sekitar 1000 anak.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Dari jumlah itu, 50% anak mengalami masalah sensorineural karena bawaan. Sedangkan anak-anak lainnya terkena masalah sensorineural karena gen dengan jenis GJB2.

Arun dan beberapa peneliti mengumpulkan data 226 anak yang kehilangan pendengaran. Hasilnya, 49 orang mengalami kelainan mata seperti rabun dekat, rabun jauh, dan kerusakan mata lainnya. Sebanyak 29 anak mengalami mata bias.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Peneliti juga menemukan penyebab masalah sensorineural berefek pada masalah pendengaran. Dari penelitian, anak-anak mengalimi mutasi gen GJB2.

"Kita dapat melihat mutasi dari gen GJB2 menyebabkan masalah sensorineural dan berefek pada masalah pendengaran, seperti sindrom atau anomali," kata Arun.

"Pendekatan secara multidisiplin sangat penting untuk mengetahui perawatan macam apa yang cocok bagi anak-anak yang mengalami masalah tersebut.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya