Situs Jejaring Sosial

Facebook dan MySpace Lebih Handal

VIVAnews - Situs jejaring sosial MySpace dan Facebook ternyata mengalami downtime yang lebih jarang daripada jejaring-jejaring sosial yang lain selama 2008. Fakta tersebut terungkap dari penelitian yang diadakan oleh Pingdom, pihak yang memonitor kinerja situs web di seluruh dunia, dengan meneliti downtime 15 situs web terpopuler di seluruh dunia. Ternyata penelitian itu menemukan perbedaan yang sangat besar dalam hal downtime. 

Downtime adalah waktu di mana sebuah situs tak dapat diakses oleh anggotanya karena adanya gangguan, pemeliharaan atau peningkatan fitur-fitur layanan.
 
Menurut laporan Pingdom, ternyata facebook, MySpace, Classmates, Xanga, dan Imeem, adalah situs-situs yang mampu melayani pelanggannya selama 99 persen sepanjang 2008. 
 
Adapun Friendster adalah salah satu jejaring sosial yang lama mengalami downtime pada 2008, yaitu hingga 23 jam. Saat itu Friendster mengalami masalah pada data centernya, sehingga harus menghentikan layanannya pada 3 hari di bulan November. Begitu pula layanan microblogging Twitter yang mengalami downtime cukup lama. Tetapi di paruh kedua 2008, situs tersebut sudah lebih baik.

Yang terparah adalah jejaring sosial Reunion.com, yang mengalami downtime hampir 10 jam, yang terjadi pada 29 Maret.  
 
Menurut Pingdom, downtime biasanya terjadi karena masalah skalabilitas layanan terkait dengan meningkatnya jumlah pengguna atau jejaring sosial itu beralih ke pihak penyedia layanan lainnya. Downtime selama 5-30 menit dianggap masih wajar. Namun ternyata, sepertiga situs jejaring sosial yang ada di Internet lebih dari satu setengah hari di tahun 2008 lalu. Hanya sepertiganya yang mengalami downtime selama kurang dari 8 jam.
 
Pingdom mengatakan, mengantisipasi downtime sangat penting karena dapat mencederai reputasi jejaring sosial mereka, mempengaruhi loyalitas pelanggan, dan juga pendapatan pihak ketiga penyedia konten aplikasi.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Kepala Humas Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rahmat Petuguran mengatakan ada 27 mahasiswa UNNES yang mengikuti Ferienjob di Jerman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024