Mau Sehat, Pahami Dulu Ritme Tubuh

VIVAnews - Ingin bergaya hidup sehat? Jawabannya gampang, pahami ritme tubuh Anda. Sangat penting mengetahui apa yang harus dilakukan jam demi jam

Profesor Jim Horne dari Sleep Research Centre di Loughborough University seperti dikutip The Sun mengatakan "Contoh paling penting untuk memulai gaya hidup sehat adalah bagaimana mengetahui jam tubuh manusia terhadap segala efek dari tindakan yang dilakukan. Misalnya jika seorang peminum alkohol minum segelas bir seusai makan siang, maka pada sore harinya ia akan merasakan efeknya, tetapi jika segelas bir itu diminum pada malam hari, maka efeknya tidak akan dirasa".

Contoh tersebut menjadi penjelasan yang mendasar mengapa manusia perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk bisa hidup sehat. Alasannya, karena secara alami tubuh manusia ada waktu tertentu kapan saat beristirahat dan aktif.

Lebih dari 30 tahun ilmuwan Inggris menemukan apa yang disebut irama harian. Uji coba pada pasien di Prancis beberapa waktu lalu juga menunjukkan demikian. Dari penelitian diketahui, pemberian obat khusus kepada pasien kanker usus pada jam-jam tertentu bukan membawa perbaikan, tapi justru memunculkan beberapa efek.

Berikut ini ritme jam tubuh yang perlu diketahui untuk menggapai gaya hidup sehat yang didambakan:

Pukul 07.00 : Pagi hari adalah waktu pengaturan tekanan darah. Meminum obat untuk pengaturan tekanan darah tinggi umumnya  dilakukan saat ini. Sejumlah air dari darah perlu dibuang, di mana ini akan mengurangi tekanan pada dinding arteri. Kebiasaan umum yang dilakukan adalah berkemih di pagi hari. Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, sedikit melakukan kegiatan gerak tubuh bisa dilakukan setelah mengosongkan kantung kemih.

Pukul 08.00 : Menjadi waktu yang pas bagi pasangan yang ingin segera memiliki bayi. Studi memperlihatkan sperma laki-laki berada dalam jumlah yang tertinggi.

Pukul 09.00 : Waktu untuk memulihkan ingatan. Pada pagi hari ini butuh sedikit pemicu untuk membuka ingatan. Ini diperlukan karena pada malam harinya otak beristirahat.

Pukul 10.00 : Waktu Operasi. Pada jam ini menurut penelitian di Amerika Serikat adalah saat yang tepat untuk melakukan operasi. Lebih dari 90 ribu prosedur ditemukan baik antara pukul 09.00 pagi sampai siang dan berkebalikan pada pukul 15.00-17.00. Peneliti mengungkap di sore hari, kelelahan staf dan kondisi pasien yang stess menjadi pemicu utama hasil penelitian tersebut.

Pukul 12.00 : Waktu meminum penawar. Banyak dokter menyarankan waktu pengobatan di saat siang hari.

Pukul 13.00 : Waktu yang tepat untuk makan. Jika Anda adalah orang yang memiliki kegiatan rutin seperti pesenam atau yang menggunakan otot, lebih baik jika dibiasakan makan dua jam sebelum kegiatan dimulai. Pertimbangannya karena tubuh tidak akan menggunakan energi yang lebih banyak untuk mencerna makanan dan mensupport Anda bekerja.

Pukul 14.00 : Menjadi saat yang tepat untuk minum kopi. Antara pukul 14.00-15.00, sistem metabolisme tubuh mulai melambat. Penelitian mengungkap pada pukul 14.16 adalah waktu saat energi berada di grafik terbawah. Ini terjadi karena tubuh diprogram untuk beristirahat di sore hari. Meminum secangkir kopi akan bisa memicu semangat.

Pukul 16.00
: Adalah saat untuk melatih gerakan otot. Antara pukul 16.00-17.00 adalah puncak efisiensi paru-paru. Lakukan sedikit gerakan yang dianggap mudah untuk melatih otot.

Pukul 17.00
: Saat untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat. Penting untuk menyimpan energi otot dalam beberapa jam ke depan.

Pukul 19.00 : Waktu minum obat kolesterol. Ada ribuan orang mengkonsumsi pil kolesterol di jam ini. Obat diyakini bekerja untuk menghalangi tubuh memproduksi kolesterol.

Pukul 20.00 : Batas waktu terakhir meminum minuman yang mengandung kafein. Lakukan ini agar tidur Anda tidak terganggu.

Pukul 21.00
: Waktu menghangatkan tubuh. Relaksasikan otot sebelum beristirahat.

Pukul 22:00
: Gunakan inhaler asma. Direkomendasikan bagi penderita serangan asma. Alasannya fungsi paru-paru akan memburuk pada pukul 02.00.

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?
TVXQ

TVXQ Otw ke Indonesia Hari ini! Siap Berikan Penampilan Spesial ke Cassiopeia di 20 April Mendatang

Pada hari Kamis 18 April 2024 siang, TVXQ sudah berada di Bandara Incheon menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Diperkirakan TVXQ berada di Indonesia malam ini

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024