Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin:

"Kapten Kapal Berasal dari Padang"

VIVAnews - Kedutaan Besar RI di Moskow, Rusia, sudah mendapatkan identitas kapten kapal berbendera Sierra Leone bernama The New Star. Kapal itu tenggelam setelah ditembaki kapal Rusia di wilayah Vladivostok, yang jaraknya sekitar 11 jam perjalanan menggunakan pesawat dari Moskow.

"Kapten kapal itu berasal dari Padang (Sumatera Barat)," kata Duta Besar RI untuk Moskow, Rusia, Hamid Awaluddin, saat berbincang dengan Wens Manggut dari VIVAnews melalui telepon, Senin, 23 Februari 2009.

Menurut Hamid, kapten kapal The New Star yang diketahui bernama Adi itu lahir tahun 1949. Identitas kapten kapal itu diketahui Hamid melalui hubungan telepon langsung antara dirinya dengan si kapten kapal. "Saya baru tiga jam yang lalu menelepon Adi. Dia punya penyakit diabetes," ujar mantan Menteri Hukum dan HAM ini.

Pada 12 Februari lalu, sebuah kapal berbendera Sierra Leone bernama The New Star tenggelam setelah ditembaki kapal Rusia di perairan dekat lepas pantai Vladivostok. Kru kapal terdiri atas warga China dan Indonesia.

Kementrian Luar Negeri China telah memprotes keras aksi penembakan itu dan menuntuk penyelidikan menyeluruh. Namun, Rusia mengatakan bahwa kapten kapal- yang berasal dari Indonesia, merupakan pihak yang bertanggung jawab karena berlayar melintasi perbatasan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, kepada VIVAnews menegaskan, tim pencari dari kedutaan RI di Moskow sudah berangkat menuju lokasi. "Tapi bisa dipastikan bahwa tim akan tiba di sana pekan ini," kata Faizasyah.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau
Siswa SMK di Nias Selatan meninggal diduga dianiaya kepala sekolahnya

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Sanksi sementara terhadap kepala sekolah, kami memberikan sanksi sesuai dengan aturan. Saat ini, proses pembelajaran berlangsung tanpa kepala sekolah (dibebastugaskan).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024