Tata Niaga Elpiji Diharapkan Segera Keluar

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) belum dapat memprediksi keuntungan dan kerugian jika pengaturan tata niaga elpiji direalisasikan pemerintah. "Kami belum tahu," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Achmad Faisal, di Jakarta, Selasa 24 Februari 2009.

Menurut dia, Pertamina berharap pemerintah mengatur distribusi elpiji 12 kg agar mekanisme bisnis elpiji lebih jelas. Selama ini, Faisal mengatakan perseroan telah mengalami kerugian dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam rancangan tata niaga elpiji, pemerintah membagi beberapa kemasan, yaitu 3 kg , 12 kg, 50 kg dan elpiji curah (bulk). Untuk elpiji 3 kg, pemerintah masih memberi subsidi. Namun untuk kemasan lain, harganya menyesuaikan harga elpiji internasional.

"Tata niaga elpiji ini betujuan mengatur penyediaan dan pendistribusian elpiji secara terpadu," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Departemen Energi Evita Herawati Legowo seperti dikutip dalam situs Direktorat Jenderal Migas.

Selain itu, pengaturan niaga elpiji juga bertujuan mengatur pendistribusian elpiji agar lebih transparan, akuntabel, kompetitif, dan adil dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna elpiji. Serta mendukung diversifikasi energi melalui pembangunan infrastruktur elpiji sehingga bisa meningkatkan peran badan usaha.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024