Perdagangan Saham

Efek Bernanke Dongkrak Bursa Asia

VIVAnews - Terpengaruh kenaikan di bursa saham Wall Street Selasa kemarin, indeks harga saham di bursa-bursa utama kawasan Asia menguat di akhir perdagangan Rabu sore, 25 Februari 2009.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Pernyataan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve), Ben Bernanke, telah membawa sentimen positif di lantai bursa Wall Street. Selasa kemarin, Bernanke mengatakan kepada Kongres bahwa resesi bisa saja akan berakhir tahun ini, dan bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) tidak berencana menasionalisasi bank-bank.

Di Jepang, indeks Nikkei (Jepang) naik 94,26 poin (1,3 persen) menjadi 7.362,82 walau negara ekonomi terkuat di dunia ini mencapai defisit perdagangan terburuk pada Januari. Nilai ekspor Jepang anjlok 46 persen dari tahun lalu.

Indeks Hang Seng (Hong Kong) meningkat 0,8 persen menjadi 12.897,14, dan indeks Kospi (Korea Selatan) naik 0,2 persen menjadi 1.065,83. Indeks acuan di Singapura dan Taiwan juga ditutup naik. Namun indeks saham di bursa Shanghai (China) dan Australia melemah.

Namun, para analis skeptis apakah kenaikan tersebut akan terus berlangsung di tengah kondisi ekonomi global yang kian memburuk. Dariusz Kowalczyk, ahli strategi investasi untuk SJS Markets di Hong Kong mengatakan, pemerintah AS mungkin tidak akan menasionalisasi bank-bank dengan satu kali suntikan dana, tetapi melakukannya sedikit demi sedikit.

"Kesulitan politis dalam menasionalisasi bank merintangi usaha untuk segera menyelamatkan ekonomi, dan saya kira kenaikan yang dialami Wall Street kemarin hanya untuk sementara," kata Kowalczyk.

Sebelumnya, para investor berharap Presiden Barack Obama akan memberikan detail rancangan program stimulus ekonomi dalam pidato pertamanya di depan Kongres.

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Namun, pidato Obama ternyata kurang menggambarkan rincian program, Obama hanya mengatakan hal-hal umum. Ini membuat indeks di bursa Wall Street diprediksi akan menurun pada transaksi saham Rabu ini.

Sementara itu, nilai tukar mata uang dolar AS terhadap yen menguat menjadi 96,91 yen per dolar dari 96,70 yen. Mata uang euro diperdagangkan pada US$ 1,2812 per euro dari US$ 1,2763 per dolar AS.

Harga minyak mentah light sweet untuk pengiriman April turun 36 sen menjadi US$ 39,60 per barel. Nilai kontrak naik US$ 1,52 menjadi US$ 39,96 di New York Mercantile Exchange. (AP)

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024