Dua WNI Hilang di Australia

"Tim Polri Tak Khusus Mencari Dean dan Rudi"

VIVAnews - Mobil bernomor polisi UTL 027 yang dinaiki Dean Lesmano dan Rudi, dua WNI yang diduga tewas dalam kebakaran di Australia. Di dalam mobil itu ditemukan dua jenazah.

Kepala Bidang Konsuler Konsulat Jenderal RI diĀ  Melbourne, Australia, Abelian Yodha mengakui penemuan tersebut dilaporkan Kepolisian Negara Bagian Victoria, bukan oleh tim forensik Polri yang saat ini berada di lokasi kebakaran.

"Kami tegaskan bahwa tugas mereka tidak khusus untuk mencari dua warga Indonesia yang hilang ini," kata dia dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu 25 Februari 2009. Pengiriman tim tersebut, tambah dia, adalah sebagai bantuan pemerintah Indonesia kepada pemerintah Australia.

"Hanya kebetulan saja ada dua warga Indonesia yang hilang dalam kebakaran di Australia," tambah dia.

Tim identifikasi korban Polri yang dipimpin Komisaris Besar dr Musaddeq Ishaq resmi bekerja sejak 16 Februari lalu untuk membantu tim Australia mengidentifikasi jenazah para korban kebakaran di Negara Bagian Victoria, Australia.

Saat ini, dua jenazah yang diduga Dean dan Rudi itu berada di Victoria Institute of Forensic Medicine. Hingga saat ini, kepolisian Victoria tetap menganggap Dean Lesmana dan Rudi dalam status orang hilang sampai ada kepastian hasil tes DNA.

Informasi penemuan mobil dan jenazah dilaporkan Kepolisian Australia hari ini. Namun, Kepolisian Victoria tidak menjelaskan bagaimana kondisi kedua jenazah tersebut saat ditemukan. Mereka juga tidak menjelaskan kapan persisnya mobil tersebut ditemukan.

Rudi dan Dean Lesmano dilaporkan hilang dalam peristiwa kebakaran hebat di Negara Bagian Victoria, Australia. Hilangnya dua WNI itu atas laporan Juliana, kakak Rudi, yang mengaku telah putus kontak dengan adiknya dan Dean Lesmano sejak Sabtu 7 Februari 2009, saat keduanya berwisata ke kota wisata Marysville.

Kebakaran hebat yang melanda semak belukar di Australia menyebabkan 210 orang tewas, 500 orang terluka, 1.000 rumah terbakar. Kebakaran itu memusnahkan sekitar 365 ribu hektar lahan yang terjadi mulai akhir pekan lalu di Negara Bagian Victoria, sebelah tenggara Australia.

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Berita mengenai kemenangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Kamis 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024