Copa Indonesia

Nostalgia Persija di Lebak Bulus

VIVAnews - Persija Jakarta akan menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Lebak  Bulus, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Januari 2009. Pertandingan ini merupakan leg pertama babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009.

Tampil sebagai tuan rumah lebih dulu, Persija Jakarta mengincar kemenangan atas Persiba. Hasil ini setidaknya akan menjadi modal Macan Kemayoran untuk tampil di leg kedua yang akan digelar di kandang Persiba, 11 Maret 2009.

Tak hanya itu, kemenangan juga membuat nostalgia Macan Kemayoran -julukan Persija Jakarta- dengan markas lamanya Lebak Bulus lebih indah. Maklum, sejak putaran pertama Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 bergulir, Persija harus meninggalkan Lebak Bulus, dan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta.

Pada pertandingan sore ini, Persija Jakarta akan mendapat dukungan penuh dari The Jakmania - julukan bagi pendukung Persija Jakarta.

"Kami sudah lama tidak menyaksikan Persija tanding dalam even resmi di Lebak Bulus. Karena itu, kami berharap momen nostalgia ini berakhir dengan hasil yang menggembirakan," kata Ketua The Jakmania, Danang Ismartani, ketika dihubungi VIVAnews, Rabu, 25 Februari 2009.

Pelatih Persija Jakarta, Danurwindo  bertekad untuk mewujudkan impian pendukung timnya itu. Karenanya, mantan Pelatih PKT Bontang itu sudah menyiapkan strategi jitu bagi punggawa-punggawanya.

"Kemanangan di leg pertama akan menentukan untuk lolos ke leg kedua. Karena itu kami akan berusaha untuk mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang Persiba. Dengan hasil ini kami akan lebih mudah untuk lolos ke babak 8 besar," kata Danurwindo.

Namun tentu bukan hal mudah bagi Persija Jakarta untuk mewujudkan impiannya itu. Sebab, dari rekaman terkahir pertemuan dengan Persiba pada putaran pertama Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 lalu, Macan Kemayoran hanya mampu menang dengan skor tipis 2-1.

Persija yang menjadi semifinalis Copa musim lalu juga pantas waspada. Sebab, Persiba Balikpapan jauh lebih kuat dibanding ketika bertemu di putaran pertama lalu. Hadirnya striker baru Gaston Castano membuat lini depan Beruang Madu semakin tajam.

Persiba bahkan sudah membuktikannya. Saat bertemu  Persitara Jakarta Utara, Talaohu Abdulmushafry cs menang dengan skor 2-0. Dua gol yang tercipta dicetak oleh Mushafry.

"Persiba memang memiliki barisan penyerang yang andal. Di sana ada Mushary, Castano, dan Trinidad. Ketiganya tak perlu diragukan dalam urusan mencetak gol. Tapi kami sudah menyiapkan strategi untuk meredam mereka," kata Danur-sapaan akrab Danurwindo.

Persija sendiri telah berada dalam kondisi on fire. Danurwindo memastikan, Persija akan turun dengan kekuatan terbaik. Untuk lini depan, Persija memiliki striker haus gol seperti Bambang Pamungkas, Aliyudin dan Fabio Bastos. Kekuatan juga merata untuk lini tengah. Disana ada Robertino Pugliara, Greg Nwokolo, Ponaryo Astaman, Agus Indra, Ade Suhendar, Danan Puspito, dan I Wayan Gangga Mudana.

Sedangkan di lini belakang, Danur cukup leluasa untuk mengotak-atik Abanda Herman, Pierre Njanka, Leonard Tupamahu, Supriono, Ismed Sofyan, Leo Saputra.

Satu-satunya pemain yang tidak bisa turun adalah gelandang enerjik, M Ilham. Mantan pemain Persikota itu masih dibekap cedera. Namun absennya Ilham dipastikan tak akan mempengaruhi kekuatan Persija Jakarta.

Sementara itu, Direktur Teknik Persiba Daniel Rukito menilai, pertemuan dengan Persija ini pasti bakal ketat. Namun ia juga sudah mempelajari karakter Bambang Pamungkas cs.

“Persija adalah tim kuat dan calon juara. Saya rasa itu tidak diragukan lagi. Tetapi kami punya motivasi untuk bisa bermain baik di Lebak Bulus. Paling tidak kami bisa membawa hasil imbang sebelum pulang ke Balikpapan,” ujar mantan pelatih Persik Kediri ini.

Prediksi Line Up
Persija Jakarta : 4-4-2

Hendro Kartiko (g), Ismed Sofyan, Abanda Herman, Aris Indarto, Leo Saputra; Robertino Pugliara, Ponaryo Astaman, Greg Nwokolo, Agus Indra Kurniawan, Aliyudin, Bambang Pamungkas

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Persiba Balikpapan (4-4-2)
Made Wirawan (g), Achmad Taufiq, M Yusuf, Ferly La'la, Muhammad Sobran; Zainun Arifin, Aswan Asri, Robert Gaspar, Mijo Dadic, Gaston Castano, Talaohu Abdulmushafry

Dok. Istimewa

Ketua KPU Dilaporkan karena Diduga Lakukan Tindakan Asusila

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena diduga melakukan tindakan asusila.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024