Situs Jejaring Sosial

Phishers Kembali Incar Pengguna Facebook

VIVAnews - Pengguna Facebook disarankan untuk berhati-hati terhadap aplikasi pihak ketiga. Peringatan itu disampaikan Sophos, setelah terungkap bahwa sejumlah hacker telah meluncurkan program hoax yang bertujuan untuk mencuri informasi detail login pengguna situs jejaring sosial itu.

Sophos menyatakan bahwa aplikasi “F a c e b o o k – closing down!!!” akan mengirimkan email palsu ke kontak pengguna yang menyatakan bahwa mereka telah melakukan pelanggaran peraturan (terms of service) Facebook. Adapun isi pesan tersebut adalah “This is your official warning! – Click here to find out why you were reported!”

Seperti biasa, setelah pengguna mengklik link seperti yang diperintahkan, maka phisher akan memiliki hak untuk mengambil informasi pribadi dan profil Anda. Pengguna yang mengklik link tersebut juga akan memforward pesan palsu ke setiap teman-temannya.

“Pengguna Facebook harus berhati-hati, apalagi situs tersebut memang sedang berusaha memperbaiki peraturannya,” kata Graham Cluley, Senior Technology Consultant, Sophos, seperti VIVAnews kutip dari PCWorld, 2 Maret 2009. “Serangan terbaru yang diluncurkan didesain khusus untuk memanfaatkan situasi yang terjadi,” ucapnya.

Peringatan itu muncul hanya beberapa hari setelah sejumlah pengguna situs jejaring sosial itu mendownload program “Error Check System” yang mengirimkan pesan ke teman-teman pengguna bahwa pengguna yang bersangkutan kesulitan melihat profil mereka.

“Salah satu masalahnya adalah Facebook memungkinkan siapapun membuat aplikasi, dan aplikasi pihak ketiga itu tidak disaring terlebih dahulu sebelum disebarkan ke publik,” kata Cluley. “Jadi, meskipun Facebook telah menyingkirkan sebuah aplikasi berbahaya, aplikasi lain dengan nama yang berbeda segera muncul seperti jamur di musim hujan,” ucapnya. 

Ketika Facebook menyingkirkan aplikasi itu, muncul laporan bahwa aplikasi serupa dengan nama seperti “My account” dan “Reported For Rule Breaking” langsung beredar di situs jejaring sosial tersebut.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik
Chandrika Chika.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry dan suaminya, Jusman, pada Rabu malam 24 April 2024 mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk mengecek Chika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024