TV Tuner

Telegent Systems Buat TV Tuner USB

VIVAnews - Telegent Systems, raksasa semikonduktor penyedia chipset untuk TV phone, akan mengembangkan perangkat TV tuner eksternal berbasis USB 2.0 yang ditujukan untuk pengguna netbook.

Rencana itu diungkapkan Joseph M Lavalle, Vice President Sales Telegent Systems pada VIVAnews melalui wawancara ekslusif, 3 Maret 2009. Dia mengatakan, tingginya pertumbuhan netbook, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia, memiliki peluang pasar yang besar untuk memasarkan perangkat TV Tuner eksternal.

"Saat ini kami tengah mengembangkan perangkat USB 2.0 yang berfungsi sebagai TV Tuner. Sementara itu, kami melihat pertumbuhan netbook yang signifikan dalam setahun terakhir, terutama di Indonesia. Tentu perangkat ini bisa menjadi pilihan kedua bagi konsumer netbook untuk menikmati siaran televisi analog," kata Joseph.

Seperti data yang dipaparkan IDC pada Desember 2008, netbook/mini notebook yang beredar di Indonesia berkisar pada angka 123,000, yang berarti sekitar lima persen dari total penjualan PC di Indonesia.

Sementara itu, Gartner menemukan, per Desember 2008, jumlah netbook/mini notebook yang beredar di Indonesia berkisar pada 180,000 unit dan menguasai 16,2 persen total penjualan PC di Indonesia.

"Saya optimis pertumbuhan ini akan stabil meski resesi ekonomi global berlangsung. Permintannya sungguh tinggi di Indonesia," kata Joseph, yang juga mengatakan sebelum pertengahan tahun ini diperkirakan perangkat tersebut sudah rampung dan siap dipasarkan.

Di samping itu, Joseph menuturkan, Telegent Systems juga tengah melakukan penjajakan kepada sejumlah raksasa vendor netbook di dunia, seperti Acer, Toshiba, Lenovo, Asus, dan beberapa lainnya, untuk mengintegrasi chip TV tuner besutannya di dalam netbook mereka.

"Saya belum bisa mengestimasi harganya berapa. Baru bisa pertimbangkan setelah mengetahui ongkos produksinya," ucap Joseph.

Pada 2008, Telegent Systems mencatat pertumbuhan penjualan chipset TV tuner-nya hingga lebih dari 400 persen dengan menjual sekitar 20 juta lebih chip ke seluruh dunia melalui vendor ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
Airlangga Hartarto Didukung Satkar Ulama jadi Ketum Golkar 2024-2029

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Dukungan ke Airlangga Hartarto, untuk kembali memimpin Partai Golkar, terus berdatangan. Kali ini, dari organisasi didirikan Golkar, yakni Satuan Karya atau Satkar Ulama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024