Tips Memilih Tempat Kebugaran

VIVAnews - Kesadaran untuk berolahraga dan membentuk tubuh semakin meningkat belakangan.  Tren ini dilihat dari semakin bertambahnya keanggotaan tempat kebugaran tahun-tahun terakhir ini.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Meskipun bisa berlatih sendiri melalui DVD fitness atau membeli peralatan fitness sendiri di rumah, tapi bergabung dengan pusat kebugaran lebih mendatangkan manfaat lebih bagi langkah awal anda menjalani hidup sehat.

Klub kebugaran menawarkan anggotanya kesempatan untk menemukan aktivitas paling menyenangkan. Kualitas dan keragaman peralatan yang lebih banyak dibanding berlatih di rumah, dan tawaran bermacam kelas kardio.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Staf dan pelatih pribadi juga ada di sekitar saat anda membutuhkan bantuan. Sekaligus kesempatan bertemu dengan anggota lainnya yang berlatih sehingga bisa meningkatkan motivasi.

Apa yang dicari ? Tak semua klub kebugaran sama. Sebelum berinvestasi membeli keanggotaan, pastikan soal kenyamanan, peralatan yang tersedia, ragam kelas yang ditawarkan, harga dan stafnya.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Lokasi juga mungkin jadi pertimbangan anda. Tapi jaringan klub kebugaran yang tersedia di mana-mana, atau mau klub lokal. Ada juga klub kebugaran yang merupakan fasilitas dari rumah sakit, universitas, dan klub tenis.

Beberapa klub buka dari pagi hingga malam hari, sementara lainya menawarkan kenyamanan selama 24 jam penuh. Bila anda memiliki anak, pertimbangkan klub yang menawarkan jasa penitipan anak.

Menurut American Council on exercise, rutinitas fitnes anda harus termasuk latihan aerobic, latihan otot dan ketahanan, serta fleksibilitas. Beberapa klub menawarkan peralatan yang lebih umum dan kelas yang memadukan semua komponen, sementara lainnya fokus pada beberapa latihan aerobic dan latihan kekuatan.

Peralatan harus bersih dan terawat dengan baik. Kelas fitness harus aman dan efektif. Mungkin anda menginginkan klub yang menawarkan aktivitas lain seperti berenang, bola basket, dan latihan bela diri.

Harga keanggotaan klub kebugaran macam-macam pilihannya. Biasanya harga bulanan. Ada yang menambahkan biaya pendaftaran, perawatan bulanan, dan biaya pembatalan seperti juga biaya pemakaian handuk dan penitipan anak. Ambil kesempatan khusus atau diskon, tapi berhati-hatilah, jangan membeli keanggotaan seumur hidup.

Menurut American Heart Association sepertiga serangan jantung terjadi di luar rumah atau rumah sakit, termasuk saat di klub kebugaran. Pastikan staf di klub yang anda incar memiliki sertifikat CPR dan peralatan AED.

Instruktur fitnes dan pelatih pribadi anda harus memiliki sertifikat dari organisasi yang bereputasi baik. Anda harus berlatih dengan para professional yang berpengalaman soal keselamatan dan pendekatan efektif untuk fitness, bukan seseorang yang menghadiri pelatihan di akhir pekan saja.

Di Amerika, 80 persen dari 40 juta warga yang memiliki keanggotaan klub kebugaran, tak menggunakannya. Cari tahu rasio anggota aktif dan tak aktif di klub yang sedang anda incar. Bila rasio itu 2:1 berarti sudah cukup baggus, sementara 10 :1 mengindikasikan klub ini lebih pintar menjual daripada mengelola anggotanya dengan memuaskan. Bila kebanyakan anggota memilih berhenti, maka anda pun mungkin akan melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya