Lagi, Pemerintah Lelang Dua Seri SUN

VIVAnews - Pemerintah akan menggelar lagi lelang Surat Utang Negara dengan target indikatif Rp 2 triliun dan nominal per unit Rp 1 juta. Lelang yang dilakukan pada 10 Maret 2009 ini dilakukan untuk memenuhi sebagian dari target pemiayaan dalam APBN 2009.

Seri yang dilelang adalah  SPN20100311 dengan pembayaran bunga secara diskonto dan jatuh tempo 11 Maret 2010 dan FR0036 (reopening) dengan tingkat bunga tetap (fixed rate) sebesar 11,50 persen dan jatuh tempo pada 15 September 2019. Pembayaran dilakukan setiap 5 Maret dan 15 September.

Penjualan SUN tersebut akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pelelangan yang diselenggarakan Bank Indonesia. Lelang bersifat terbuka (open action) dan menggunakan metode harga beragam.

Dalam siaran pers Departemen Keuangan, Kamis 5 Maret 2009, dijelaskan pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian kompetitif akan membayar sesuai dengan yield yang diajukan. Pemenang lelang yang mengajukan penawaran pembelian non kompetitif akan membayar sesuai dengan yield rata-rata tertimbang dari penawaran pembelian kompetitif yang dinyatakan menang.

Peserta lelang dapat mengajukan penawaran pembelian kompetitif dan non kompetitif. Alokasi pembelian non kompetitif untuk SUN SPN20100311 adalah sebesar 50 persen dari target indikatif, sedangkan untuk SUN seri FR0036 sebesar 20 persen dari total yang dimenangkan. Pemerintah memiliki hak untuk menjual kedua seri SUN tersebut lebih besar atau lebih kecil dari jumlah indikatif yang ditentukan.

Sesuai dengan PMK 50/PMK.08/2008 tentang lelang SUN di pasar perdana, lelang SPN seri SPN2010031 diikui oleh Dealer Utama dengan mengajukan penawaran pembelian kompetitif serta Bank Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan mengajukan penawaran pembelian non kompetitif.

Lelang obligasi negara seri FR0036 diikuti oleh dealer utama dengan mengajukan penawaran pembelian untuk dan atas nama pihak selain Bank Indonesia dan LPS dengan cara komopetitif dan atau no kompetitif, sdang LPS dapat mengikuti lelang dengan mengajukan penawaran pembelian non kompetitif.

Bagi dealer utama yang melakukan penawaran pembelian SUN untuk dan atas nama sendiri dan atau melalui peserta lelang lain hanya dapat melakukan penawaran pembelian dengan cara kompetitif.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit
Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024