2009, Catur Sentosa Incar Pertumbuhan 29%

VIVAnews - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) menargetkan pertumbuhan pendapatan hingga 29 persen dan laba bersih 38 persen pada 2009. Guna mencapai pertumbuhan itu, perseroan berniat membuka 10 gerai Mitra 10 di Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia.

Perseroan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) dan modal kerja sebesar Rp 100-110 miliar.

Sekretaris Perusahaan Catur Sentosa Mitra Adiprana Idrus Widjajakusuma mengatakan, pihaknya optimistis bisa mencapai target pertumbuhan pada 2009. Hal itu dipicu bisnis perseroan yang terus bertumbuh, meski kondisi ekonomi masih bergejolak.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

"Konsumen kami adalah end user (pengguna akhir), sehingga kebutuhan pembangunan rumah tetap tinggi dan belum menunjukkan penurunan. Setiap tahun, pembangunan perumahan tetap stabil pada kisaran 6.000 rumah," kata dia dalam konferensi pers perseroan di Jakarta, Senin, 3 November 2008.

Dia menambahkan, perseroan akan membangun 10 gerai Mitra 10 yang terdiri atas lima gerai berukuran kurang dari 1.000 meter persegi (convenience store) dan lima gerai lebih dari 1.000 meter persegi (superstore).

Gerai convenience akan dibangun di Bali dan Jabodetabek, sedangkan superstore di Yogyakarta, Makassar, dan Jabodetabek.

Pembukaan toko baru itu, tambah dia, dianggarkan dari dana capex. Dana capex sebagian besar dari kas perseroan dan sisanya pinjaman. "Kami belum menghitung komposisinya," tegas dia.

Lebih jauh, dia menambahkan, perseroan telah memeroleh sindikasi pinjaman Rp 210 miliar dari PT Bank Central Asia Tbk (lead arranger), PT Bank Danamon Tbk, PT Bank Buana Tbk (UOB Buana), PT Bank Bumiputera Tbk, dan PT Bank Niaga Tbk (CIMB Niaga). Pinjaman itu akan digunakan selama tiga tahun ke depan dan saat ini sudah terpakai Rp 100 miliar.

Hingga akhir kuartal III-2008, perseroan mencatatkan penjualan Rp 2,08 triliun, atau naik 31 persen dari periode sama 2007 sebesar Rp 1,59 triliun. Laba bersih perusahaan melonjak 87 persen menjadi Rp 48,25 miliar dari sebelumnya Rp 25,79 miliar. "Kami sudah memenuhi 80 persen dari target penjualan 2008 sebesar Rp 2,6 triliun," imbuhnya.

Idrus mengungkapkan, penjualan pada 2008 dikontribusi oleh sektor distribusi bahan material (76 persen), ritel modern (18 persen), dan distribusi kimia (6 persen). Pada 2009, perusahaan ritel ini akan meningkatkan kontribusi dari sektor ritel modern sebesar 19-20 persen.

Saat ini, perseroan memiliki 23 gerai yang tersebar di Bandung, Surabaya, Bali, Batam, dan Jabodetabek.

Hingga akhir 2008, perusahaan akan menambah tiga gerai Mitra 10 di Medan, Gading Serpong, Tangerang, dan Denpasar.

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024