Mendag Kapok Bikin Prediksi Harga Komoditas

VIVAnews - Gejolak harga komoditas membuat tahun ini dianggap sebagai tahun roller coaster bagi Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu.
 
Pendapatnya bukan tanpa alasan, tapi dilatarbelakangi kenaikkan harga komoditas yang membumbung di awal tahun dan situasi kemudian berubah karena harga komoditas di kuartal III langsung anjlok seiring krisis keuangan global.
 
"Tahun ini seperti roller coaster, awal tahun harga komoditas naik, sekarang kebalikannya. Ini seperti tahun 70-an, harga komoditas tinggi, kemudian anjlok," kata dia pada saat memberikan sambutan Seminar Nasional Pengembangan Alternatif Pembiayaan Komoditas Melalui Sistem Resi Gudang di Jakarta, Selasa 4 November 2008.
 
Kondisi itu membuat dia tidak berani lagi membuat prediksi. Karena pada awal tahun, pada saat harga komoditas naik dia sempat memperkirakan nantinya harga akan turun di akhir tahun. Namun turunnya tidak seperti yang dia bayangkan seperti saat ini. "Saya sekarang tidak berani memperkirakan lagi, nanti salah lagi seperti perkiraan saya awal tahun," tuturnya.
 
Akibat penurunan harga komoditas itu, lanjutnya, saat ini banyak petani yang berteriak seperti petani kelapa sawit, kopi, kakao. Dia harus menghadapi kondisi kebalikan dari penanganan yang terjadi awal tahun.
 
Pemerintah kini terus melakukan pembicaraan secara intensif beberapa minggu ini untuk mengatasi gejolak dunia. Dia menyontohkan kebijakan yang diambil di sektor makro dan perbankan untuk menjaga kepercayaan pasar. Sedangkan untuk penguatan sektor riil, langkah yang dilakukan adalah menjaga daya saing ekspor, termasuk komoditas. "Sektor komoditas banyak menyumbang kontribusi, mempunyai potensi yang besar," ujarnya.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo
VIVA Militer: Bendera Republik Islam Iran

Eskalasi Meningkat, Kemlu Minta WNI di Timur Tengah Waspada Perang Iran-Israel

Kemlu juga mengimbau WNI di Iran, Israel dan Palestina untuk meningkatkan kewaspadaan, mengantisipasi terjadinya eskalasi keamanan di tengah memanasnya Teheran-Tel Aviv

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024